Published On: Mon, Apr 11th, 2016

50 Kapal Perang dan 5000 Personel Angkatan Laut dari Berbagai Negara akan Meriahkan MNEK 2016

Latihan Parade Kapal Perang jelang MNEK 2016

Latihan Parade Kapal Perang jelang MNEK 2016

MNOL, Padang – Kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 yang diselenggarakan di Padang dan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada 12 – 16 April 2016 menyedot perhatian publik baik dalam maupun luar negeri. Event 2 tahun sekali yang digelar secara besar-besaran tersebut semakin membuktikan bahwa TNI AL merupakan World Class Navy.

Rangkaian acara MNEK itu rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Mako Lantamal II Teluk Bayur pada pukul 08.00 Wib. Kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan Lomba Selaju Sampan Tradisional di GOR Agus Salim, Banda Bakali pada pukul 09.00 Wib.

Selanjutnya beralih ke laut pada pukul 09.45 Wib, dengan melakukan Joy Sailing dan Inspeksi kapal perang oleh Presiden RI. Kegiatan itu akan diikuti parade kapal nelayan di lepas Pantai Pelabuhan Teluk Bayur.

Usai istirahat siang, acara dilanjutkan dengan Peresmian Monumen Perdamaian oleh Presiden RI dan penanda tanganan prasasti perdamaian oleh para KSAL dan para Pemimpin Delegasi negara yang hadir di Pantai Muaro Lasak. Prasasti tersebut merupakan bukti komitmen Indonesia berdasarkan amanat konstitusinya untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Kirab Kota yang diikuti oleh Prajurit TNI AL dari 30 negara, Parade Marching Band Taruna Akademi Angkatan Laut dan Parade Budaya. Rute Kirab Kota itu bertolak dari Kantor Gubernur, kemudian melintasi Jalan Sudirman, Jalan A. Yani, Jl. Olo Ladang, Jl. Samudera (purus) dan Finish di Pantai Cimpago.

Pada malam harinya, pukul 19.30 Wib ada hiburan Panggung Prajurit dan Pesta Kembang Api di Pantai Cimpago. Hal itu ditujukan untuk saling mengakrabkan antara para prajurit Angkatan Laut dari negara peserta MNEK 2016.

Keesokan harinya, 13 April 2016 acara dimulai dengan Pelepasan Tukik (anak penyu) di Pantai Cimpago oleh para KSAL. Kemudian dilanjutkan dengan Lomba Merandang Ikan Tuna antara koki kapal AL dari 30 Negara, Para Pemimpin Delegasi dan Para KSAL, Muspida Propinsi, muspida Kota Padang diiringan dengan Gandang Tasa di Pantai Cimpago.

Pada pukul 13.30 Wib acara dilanjutkan dengan Eksebisi Salaju Sampan Tradisional antara Prajurit AL dari berbagai negara yang hadir di GOR Agus Salim, Banda Bakali. Dan final eksebisi itu akan dilaksanakan pada pukul 15.00 Wib. Tidak sampai di situ, acara masih berlanjut dengan Eksibisi Sepak Bola Pantai antara Prajurit AL dari berbagai negara dan Club Lokal di Pantai Muaro Lasak pada pukul 15.30 Wib.

Pada tanggal 14 April 2016, acara diawali dengan Funbike oleh peserta umum dan KSAL dari berbagai negara serta pimpinan delegasi yang bertolak dari Pantai Cimpago.

Sejauh ini, sebanyak  36 Negara sudah konfirmasi kehadirannya dan menyampaikan jadwal kedatangan kapal perang dan jadwal kedatangan pesawat militer para KSAL serta pimpinan delegasinya ke Padang.

Menurut Palaksa KRI Bintuni-520, Mayor Laut (P) Heru Kristiono, sebanyak 50 kapal perang dari negara peserta dengan personel lebih dari 100 orang di setiap kapalnya akan memeriahkan perhelatan ini. Belum lagi ditambah antusias masyarakat lokal yang hendak menyaksikan event besar itu, tentu akan memadati Kota Padang hingga berakhirnya rangkaian acara teresebut.

“Lebih dari 5000 personel Angkatan Laut dari 36 negara akan membuat ramai Kota Padang dalam waktu 4 hari. Masyarakat Padang sendiri tidak kalah ramenya menyaksikan event ini,” ungkap Heru kepada maritimnews.com.

KRI Teluk Bintuni-520 yang sudah sandar sejak 7 April 2016 lalu di dermaga Teluk Bayur, sudah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan menyambut MNEK 2016. Di antaranya, open ship bagi masyarakat Padang dan mengikuti latihan joy sailing.

Kapal perang buatan PT Daya Radar Utama ini rencananya akan menjadi hotel apung bagi Sagas MNEK 2016.

“Kita mengangkut Satgas MNEK 2016, Team Kolone Senapan Marinir, Perwira LO, Siswa Kobangdikal untuk mendukung giat protocol,” pungkas lulusan AAL tahun 1999 tersebut.

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com