Published On: Sun, Jan 14th, 2018

6 Pejabat Negara Terima Brevet Hiu Kencana

Foto bersama Kasal, Komandan Kapal, beserta awak KRI Nagapasa-403 dengan enam pejabat negara yang menerima brevet Hiu Kencana.

Foto bersama Kasal, Komandan Kapal, beserta awak KRI Nagapasa-403 dengan enam pejabat negara yang menerima brevet Hiu Kencana.

MN, Denpasar – Sebanyak enam pejabat negara yang sedang onboard di KRI Nagapasa-403 secara resmi disematkan brevet Hiu Kencana oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi saat penyelaman di perairan Benoa, Selat Badung, Bali, Rabu (10/01).

Petinggi negara yang menjadi warga kehormatan kapal selam tersebut adalah Menteri  Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasad Jenderal TNI Mulyono, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Diawali dengan savety brief di conference room KRI I Gusti Ngurah Rai, Panglima TNI, Kasad, Kapolri, dan tiga Menteri Negara dengan menggunakan sea rider Satkopaska Koarmatim menuju KRI Nagapasa-403 yang dikomandani Letkol Laut (P) Herry Setyawan. Ombak yang menerjang tidak menyurutkan semangat para pejabat negara menjadi keluarga besar kapal selam.

Didampingi oleh Komandan Satsel Koarmatim Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa dan Komandan Satkopaska Koarmatim Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko setelah menempuh jarak sejauh 2 nautical miles, rombongan berpindah dari sea rider ke KRI Nagapasa-403.

Selanjutnya, kapal selam buatan Korea Selatan ini menyelam dikedalaman 30 meter di bawah permukaan laut, dan saat itulah dilaksanakan upacara penyematan brevet Hiu Kencana yang menjadi kebanggan prajurit TNI Angkatan Laut berbaret hitam.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, seusai melaksanakan penyematan dalam jumpa pers mengatakan, saya merasakan sensasinya menyelam dengan kapal selam dan saya memahami bahwa para kru kapal selam lebih baik menyelam daripada di permukaan, karena saat kapal menyelam itu tidak ada ombak sama sekali, itu yang kita rasakan.

“Nyaman tapi memang, ikut menyelam beberapa menit saja sudah cukup bagaimana para prajurit kapal selam ini, oleh karena itu awak kapal selam harus mendapatkan perhatian kita semua”, ujar Pati Alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 1986 tersebut.

Brevet Hiu Kencana merupakan simbol pengakuan terhadap profesionalisme prajurit kapal selam TNI Angkatan Laut, dalam taktik dan teknik peperangan bawah air, yang dapat menumbuhkan kebanggaan dan jiwa korsa bagi prajurit yang telah berhasil melalui kualifikasi.

Pemberian Brevet Hiu Kencana ini tidak hanya symbol akan tetapi merupakan penghormatan dan penghargaan dari TNI AL khususnya Satuan Kapal Selam kepada tokoh, warga, serta jajaran TNI, dan TNI AL yang berjasa terhadap pengembangan kapal selam TNI Angkatan Laut dengan semboyannya Wira Ananta Rudira, “Tabah Sampai Akhir”.

Hadir dalam penyambutan enam pejabat negara yaitu para Asisten Panglima TNI, para Asisten Kasal, Pangkotama TNI AL, Para petinggi TNI-Polri wilayah Bali, dan undangan lainnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com