Published On: Thu, Nov 30th, 2017

Ajak Prajurit Jaga Kondisi Fisik, Pangkolinlamil Pimpin Langsung Lari Memanggul Senjata Laras Panjang

Pangkolinlamil pimpin langsung lari memanggul senjata sejauh 3.000 meter.

Pangkolinlamil pimpin langsung lari memanggul senjata sejauh 3.000 meter.

MN, Jakarta – Untuk membina dan menjaga ketahanan fisik, segenap Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Kolinlamil nampak kompak dengan  semangat tinggi melaksanakan lari pagi dengan memanggul senjata laras panjang mengitari Mako Kolinlamil. Kegiatan lari bersenjata ini merupakan salah satu bentuk untuk menjaga ketahanan fisik guna mendukung kesiapan prajurit dalam melaksanakan tugas.

Pembinaan fisik lari pikul senjata pagi ini dipimpin langsung oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksma TNI Yudo Margono dengan senjata laras panjang nampak di pundaknya.

Sebelum lari bersenjata, terlebih dahulu dilaksanakan senam senjata yang dipandu oleh anggota Pembinaan Jasmani dan Rekreasi (Binjasrek) Disminpers Kolinlamil, tujuan dilaksanakan senam senjata ini  supaya tidak atau untuk mengurangi terjadinya cidera karena otot yang belum siap menerima beban, terang anggota Binjasrek saat akan memimpin senam senjata.

Lari pikul sejata yang rutin dilaksanakan setiap hari Rabu ini menempuh jarak sekitar 3.000 meter dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Usai lari dengan memanggul senjata laras panjang, seluruh Prajurit Kolinlamil dan Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali melakukan peregangan guna untuk melenturkan kembali otot – otot yang kaku paska melaksanakan lari dengan tambahan beban.

Sebelum mengakhiri kegiatan lari bersenjata ini, Laksamana dengan bintang satu dipundaknya ini dua kelabihan Kolinlamil sebagai sebuah institusi. “Kolinlamil adalah  institusi Militer dengan mengusung nama Komando Lintas Laut Militer. Yang berarti ada dua kelebihan institusi ini miliki, yakni terdapat komando dan militer di dalamnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengharapkan seluruh prajurit memahami akan hal tersebut. “Oleh karena itu, segenap Prajurit beserta ASN harus paham hal tersebut, sadar tidak sadar bahwa kita semua yang berdiri disini adalah orang-orang pilihan yang sewaktu–waktu siap menjadi garda terdepan untuk menjaga kedaulatan NKRI yang kita cintai ini,” lanjutnya.

Pangkolinlamil juga memaparkan tentang pentingnya menjaga ketahanan fisik untuk memenuhi tugas menjaga kedaulatan NKRI. “Untuk mejaga kedaulatan NKRI ini tidak mudah. Kita dituntut untuk memiliki stamina fisik yang frima. Fisik kuat hebat tidak akan terbentuk secara serta merta atau cukup dengan berdoa dan tirakat saja nantinya bisa jadi hebat? Tentunya tidak! Hal tersebut dapat diraih dengan berlatih dan berlatih seperti ini, yang akan membentuk fisik kalian menjadi handal dan tangguh,” paparnya.

Ia pun menegaskan bahwa seluruh prajurit TNI dari beragam latar belakang memiliki kesamaan dasar pembentukannya.”Untuk itu saya tegaskan kembali sebagai prajurit profesi apapun baik itu sebagai petugas Dinas Kesehatan (Diskes), Pekerjaan Umum (PUM), Satuan Markas (Satma), Satuan Angkutan (Satang), dan yang lainnya, semua sumbernya sama, TNI. Dibentuk dengan pembinaan fisik lari pikul senjata, tidak ada namanya lari pikul alat tensi atau timbangan, lari pikul cangkul, ataupun lari dengan memikul alat bangunan. Sumbernya sama, lari pikul senjata,” tegasnya.

Tak lupa, Pangkolinlamil juga mengajak seluruh prajurit untuk tetap menyempatkan diri dalam berolahraga. “Ada kesempatan olahraga seperti ini, ikutilah! Di luar sana, kesempatan untuk berolahraga seperti ini jarang sekali bahkan mungkin tidak ada kesempatan sama sekali. Sekali lagi saya ingatkan manfaatkanlah momentum seperti ini, tinggalkan sejenak kesibukan di profesi kita masing–masing agar kita semuanya sentiasa selalu dalam keadaan sehat,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com