Published On: Thu, Jul 12th, 2018

Akhirnya IPC Terima Konsesi Terminal Kijing selama 69 Tahun

Penandatanganan konsesi Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak

MN, Jakarta – Setelah pencanangan pembangunan Terminal Kijing yang terletak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat dilakukan pada bulan April 2018, kini PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC menerima konsesi Pembangunan dan Pengusahaan Jasa Kepelabuhanan Terminal Kijing dengan jangka waktu perjanjian konsesi berlangsung selama 69 tahun.

Penandatanganan perjanjian Konsesi Pembangunan dan Pengusahaan Jasa Kepelabuhanan Terminal Kijing, Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat dilaksanakan di Kantor Kementerian Perhubungan, antara IPC dan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor KSOP Kelas II Pontianak yang disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (12/7).

“IPC telah memulai pembangunan fisik berupa pemasangan tiang pancang baik di darat maupun di laut. Paralel menunggu waktu ditandatanganinya perjanjian konsesi, IPC juga melakukan pekerjaan pembersihan lahan dan melakukan soil investigation survey,” jelas Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya saat acara penandatanganan Konsesi.

Adapun ruang lingkup perjanjian konsesi meliputi pemberian hak kepada IPC untuk melakukan pembangunan dan pengusahaan jasa kepelabuhanan, termasuk pengembangan terminal beserta fasilitas pendukungnya sesuai dengan tahapan pembangunan di area konsesi; penetapan segmen dan objek perjanjian konsesi; pelaksanaan penyusunan dan pungutan tarif jasa kepelabuhanan di Terminal Kijing.

Pemerintah memberikan penugasan PT Pelabuhan Indonesia II untuk pembangunan dan melaksanakan pengusahaan Jasa Kepelabuhanan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kalimantan Barat.

Untuk pembangunan Terminal Kijing, Mempawah Kalimantan Barat, IPC menunjuk PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sebagai pelaksana dengan nilai proyek sebesar Rp 2,74 Triliun. WIKA akan melaksanakan pembangunan terminal dari sisi konstruksi dermaga laut, port management area, jembatan penghubung, container yard serta fasilitas lainnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com