Published On: Sat, May 19th, 2018

Andriyani Sanusi, Dari Pelaut Menuju Parlemen

Andriyani Sanusi sedang berorasi saat peringatan May Day 2018 di depan Istana Negara

MN, Jakarta – Ketua Umum Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) Andriyani Sanusi bertekad masuk ke parlemen (DPR) pada Pilleg 2019 mendatang. Hal itu ditujukan untuk memperjuangkan nasib pelaut yang terus terpuruk hingga sekarang.

Lewat pembangunan regulasi serta kontrol terhadap pemerintah, Andri akrab disapa, meyakini perbaikan nasib pelaut akan dicapai lewat parlemen.

“Yang membuat regulasi itu di DPR, kalau kita tidak masuk sana kita akan begini terus. Makannya saat ini kita berupaya untuk masuk kesana,” ungkap Andri kepada Maritimnews di Jakarta, Sabtu, (19/5).

Karena tidak adanya perwakilan pelaut di DPR saat ini membuat nasib pelaut Indonesia terkait kesejahteraan, hajat hidup dan lainnya menjadi sangat timpang. Harkat dan martabat pelaut berada di ujung tanduk yang mati segan hidup tak mau.

Kendati MLC 2006 sudah diratifikasi menjadi UU, namun implementasi di lapangan masih jauh panggang daripada api. Sehingga ia mengimbau kepada seluruh pelaut di Indonesia untuk ‘melek’ terhadap politik.

Saat ini di DPR, hanya ada Capt. Anton Sihombing dari Fraksi Golkar yang duduk seorang diri di parlemen. Meskipun sudah cukup aktif dan kritis terhadap masalah kepelautan, namun masih dirasa kurang.

Maka dari itu, Andri berharap ke depan banyak pelaut yang menjadi anggota legislatif. Tujuannya hanya satu yakni memperjuangkan nasib pelaut Indonesia dalam bingkai negara maritim.

”Jadi bukan untuk memperkaya pribadi atau sekadar jabatan belaka, apalagi menjual nama pelaut, bukan! Ini untuk kesejahteraan pelaut Indonesia, kalau bukan kita siapa lagi,” tegas dia.

Selain itu ia mengharapkan pelaut Indonesia untuk bersatu padu memperjuangkan nasib pelaut sebagai pilar terpenting di dalam negara maritim. Salah satu jalannya ialah lewat jalur politik dan duduk di parlemen.

Rencananya, Andri akan maju sebagai anggola legislatif dari Partai Berkarya. Partai besutan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Suharto itu dinilai memiliki komitmen dalam memperjuangkan pelaut Indonesia.

“Insya Allah Partai Berkarya memiliki komitmen itu mengembalikan kejayaan Indoensia sebagai negara maritim yang besar berlandaskan Pancasila dan UUD 45. Saya juga memohon doa dari seluruh pelaut Indonesia untuk upaya ini,” pungkasnya.

Saat ini, dirinya juga memimpin Sayap Partai Berkarya yang bernama Maritim Berkaya, suatu organisasi yang concern terhadap isu-isu kemaritiman Indonesia. Andaikata ketika kelak menjadi anggota legislatif namun belum mampu memperjuangkan nasib pelaut, ia pun siap menerima segala konsekuensi dan bertanggung jawab. (hsn)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com