Published On: Fri, Mar 31st, 2017

Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri dan PT Bank Artha Graha International teken Perjanjian Kerjasama

 

Jabat Tangan – Ketua umum Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri Hermawati Setyorinny (kiri) dan perwakilan PT Bank Artha Graha International

MNOL, Jakarta – Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri dan PT Bank Artha Graha International, Tbk menandatangani perjanjian kerjasama pemberian kredit bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di di Gedung Artha Graha, Kawasan Niaga Terpadu Sudirman, Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta. (30/3).

Dalam penandatanganan tersebut, Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri diwakili oleh ketua umumnya, Hermawati Setyorinny dan PT Bank Artha Graha International, Tbk diwakili oleh direktur utamanya, Andy Kasih.

Bantuan usaha dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk usaha mikro ini mencapai Rp 25 juta dengan bunga KUR sebesar 9%. Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri dalam hal ini menjadi bapak angkat dalam proses tersebut.

“Kerjasama penyaluran kredit usaha rakyat untuk mikro kecil menengah ini diperuntukan bagi IUMKM anggota Akumandiri di seluruh wilayah Indonesia. Di mana ada perwakilan atau pengurus di wilayah provinsi, kabupaten dan Kota di Indonesia bisa mengajukan dana ini,” ujar Hermawati Setyorinny usai penandatanganan itu.

Wanita yang akrab disapa Rinny ini selanjutnya menyatakan sasaran target sangat membantu kemudahan permodalan bagi anggota Akumandiri yang berjumlah 500.000 IUMKM.

“Untuk start awal sudah masuk 500IMKM, selanjutnya bertahap. Peluang kerjasama ini disambut antusias oleh UMKM di bawah binaan dan dampingan Akumandiri di seluruh wilayah Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, dari Bank Artha Graha juga didampingi oleh Executive Officer MSE, Zulharmansyah. Ia menyampaikan bahwa dengan terjalinnya kerjasama antara Bank Artha Graha International dan Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri ini diharapkan penyaluran KUR dapat lebih mudah kepada para pelaku usaha terutama untuk usaha mikro.

“Usaha mikro yang memang belum bankable menjadi target sasaran KUR itu sendiri dan keuntungan kedua belah pihak dengan target KUR Bank Artha Graha tahun 2017 dapat lebih mudah untuk dicapai,” kata Zulharmansyah.

UMKM yang berada di bawah binaan Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri banyak yang bergerak di bidang perdagangan, pertanian, baik olahan maupun komoditinya, serta fashion dan hanycraft. Dan khususnya bidang kelautan terutama bagi yang berada di daerah pesisir.

Sehingga kerjasama ini juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi baik dari sektor kelautan maupun pertanian sebagai ketahanan pangan Indonesia.

 

(Adit/MN)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com