Published On: Thu, Jul 27th, 2017

Bahas Persiapan JNPMP III, DPP KNPI Bidang Maritim sambangi Kemenpar

Foto Bersama – Deputi Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Prof Dr. H.M Ahman Syah (kanan) dan Ketua DPP KNPI Bidang Maritim Baharudin (kiri)

MN, Jakarta – Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI Bidang Maritim) kunjungi Deputi Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata RI pada Rabu (26/7). Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara DPP KNPI Bidang Maritim dengan Kepala Staf Presiden RI Teten Masduki di Istana Presiden (25/5/2017) lalu.

Deputi Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Prof Dr. H.M Ahman Syah menerima rombongan DPP KNPI Bidang Maritim yang diketuai oleh Baharudin Farawowan di ruang kerjanya.

Pembahasan dalam pertemuan itu terutama soal persiapan pelaksanaan Jambore Nasional Poros Maritim Pemuda (JMPMP) ke III tahun 2018 mendatang.

Ahman Syah kembali menegaskan bahwa pihaknya mendukung pelaksanaan JNPMP III Tahun 2018 mendatang yang direncanakan akan digelar di Mandalika Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kemenpar juga akan memberikan rekomendasi tertulis kepada Instansi terkait serta Gubernur dan Dinas Pariwisata NTB.

“Kementerian Pariwisata menyambut baik dan memberikan dukungan kepada DPP KNPI untuk pelaksanaan JNPMP III Tahun 2018 mendatang di Mandalika, Nusa Tenggara Barat serta pertemuan hari ini sengaja kami undang DPP KNPI untuk sama-sama mendiskusikan perihal teknis pelaksanaan tersebut,“ ujar Ahman Syah.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa kegiatan DPP KNPI  tentang JNPMP ke III tahun 2018 juga sebagai ajang promosi wisata bahari Indonesia bagi kalangan pemuda. Selanjutnya  selain dukungan di atas, Kemenpar juga akan melaksanakan Pelatihan Pariwisata Bahari yang melibatkan KNPI Provinsi Se-Indonesia bulan Agustus ini di Lombok, NTB.

Sementara itu Ketua DPP KNPI Bidang Maritim Baharudin Farawowan menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan dan kepercayaan Kemenpar yang mau menggandeng organisasi kepemudaan terbesar ini dalam promosi wisata bahari Indonesia melalui beberapa rangkaian program.

Puncaknya tetap berada pada pelaksanaan JNPMP ke III tahun 2018 mendatang di Mandalika,NTB.

“Kami DPP KNPI di bawah Kepemimpinan Muhamad Rifai Darus dan Sirajudin Abdul Wahab mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan dan dukungan Kemenpar dalam hal ini yang diwakili Deputi Kelembagaan Kepariwisataan Bapak Prof.Dr. H.M Ahman Syah. Banyak hal dalam pertemuan ini yang kami peroleh terutama tentang tema JNPMP III tahun 2018 yaitu ‘Pesona Wisata Bahari Indonesia’ agar lebih menegaskan lagi bahwa kita sebagai bangsa maritim yang kaya akan wisata bahari,” ungkap Bahar biasa disapa.

Ia berjanji untuk segera mengkonsolidasikan jajarannya dalam bentuk Rakor Bidang Maritim KNPI Provinsi Se-Indonesia pada bulan Agustus nanti. Rakor itu juga membahas persiapan JNPMP III Tahun 2018 dan Penyerahan SK DPP KNPI tentang penetapan Mandalika di NTB sebagai Tuan rumah JNPMP III kepada DPD KNPI NTB.

Rencananya penyerahan itu juga akan disaksikan oleh Ketua Umum DPP KNPI, Deputi Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata RI dan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penyerahan itu sekaligus me-launching logo JNPMP III Mandalika,NTB dengan tema Pesona Wisata Bahari Indonesia.

‘Selanjutnya juga diisi dengan pelaksanaan Pelatihan Pariwisata Bahari sebagai modal awal Pemuda/KNPI se-Indonesia dalam menyongsong JNPMP III Tahun 2018 mendatang,” tandasnya.

Menagih Janji kSP

Sebagaimana diketahui bahwa pertemuan itu sebagai tindak lanjut hasil audiensi DPP KNPI dengan Kepala Staf Presiden Teten Masduki beberapa waktu lalu.

“Melalui KSP, pihak Istana mendukung  pelaksanaan JNPMP ke III tahun 2018 dan akan memfasilitasi pertemuan dengan Presiden Jokowi untuk bersilaturahmi sembari melaporkan hasil JNPMP II Maluku yang telah dilaksanakan,” pungkas Bahar.

Sejuah ini pihaknya terus menagih janji KSP untuk mempertemukan DPP KNPI Bidang Maritim dengan presiden. Karena hal tersebut menjadi penting untuk kesuksesan pelaksanan JNPMP III tahun 2018.

Di tempat terpisah, Ketua DPD KNPI Nusa Tenggara Barat Hamdan Kasim dalam konfirmasi melalui telepon mengatakan sangat mengapresiasi adanya pertemuan tersebut dan siap menjadi tuan rumah JNPMP  ke III tahun 2018 mendatang yang didahului dengan Rakor Bidang Maritim KNPI Provinsi Se-Indonesia dan Pelatihan Pariwisata Bahari bulan Agustus nanti.

“Pertama kami menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir dalam pertemuan tersebut karena masih di daerah selanjutnya tadi kami juga sudah dihubungi oleh Ketua DPP KNPI Bidang Maritim Bung Bahar Farawowan perihal hasil pertemuan dimaksud dan kami mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi mendalam kepada DPP KNPI dan Kemenpar yang mempercayai daerah kami NTB sebagai Tuan Rumah JNPMP III Tahun 2018,” kata Hamdan.

Masih kata dia, sambil menunggu surat dari DPP KNPI perihal teknis pelaksanaan Rakor Bidang Maritim KNPI Provinsi Se-Indonesia serta Pelatihan Pariwisata Bahari bulan Agustus nanti ia berharap DPP KNPI mengunjungi NTB.

“Saya berharap kiranya DPP KNPI melalui Bidang Maritim untuk meluangkan waktu ke NTB agar bersama-sama bersilaturahmi dengan Gubernur NTB dan Kepala Dinas Pariwisata di sini,” imbuhnya.
(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha