Published On: Tue, Jul 11th, 2017

Berikut Hasil Pertemuan Perwakilan Demo Nelayan dengan KSP

Demo nelayan di depan Istana Negara (11/7). Foto: Jimbas/Marsoc

MN, Jakarta – Ribuan nelayan yang menggelar aksi damai di depan Istana Negara (11/7) akhirnya diterima perwakilannya oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki.

Menurut koordinator aksi nelayan Rusdianto Samawa, pertemuan dengan KSP itu merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo guna menindak lanjuti tuntutan nelayan.

“Pemerintah memberikan kelonggaran dan kemudahan kepada nelayan cantrang dan atau payang untuk kembali melaut dengan tidak membatasi Gross Ton kapal dan tidak ada penangkapan oleh aparat sampai dengan Desember 2017,” ungkap Rusdianto dalam keterangan persnya.

Selanjutnya, pemerintah akan melakukan kajian komprehensif tentang cantrang dan atau payang hingga Desember 2017. Mengingat permasalahan ini menimbulkan sejumlah polemic di masyarakat khususnya nelayan.

“Jika terbukti bahwa cantrang dan atau payang tidak merusak lingkungan, maka akan dilegalkan secara nasional,” terangnya.

Masih kata Rusdianto, pihak istana akan mengunjungi sentra-sentra nelayan cantrang dan atau payang di berbagai wilayah secepatnya untuk melihat secara langsung fakta di lapangan. Hal itu menjadi permintaan dari para perwakilan nelayan yang menghadap KSP.

“Presiden RI Ir. H. Joko Widodo juga berjanji akan mengundang Perwakilan Nelayan, masing-masing 2 (dua) orang per daerah untuk berdialog secara langsung dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Munculnya aksi besar-besaran ini karena sejumlah nelayan terutama di Pulau Jawa kian sulit hidupnya akibat pelarangan cantrang yang ditetapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Sejak pagi tadi masyarakat nelayan dari berbagai daerah sudah berkumpul di sekitar istana untuk melakukan aksi damai. Hingga pukul 15.30, masa akhirnya membubarkan diri dengan tertib setelah perwakilan mereka diterima oleh KSP.

 

(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com