Published On: Thu, Nov 2nd, 2017

Bersama Koarmatim, 400 Santri Ikuti Pelayaran Jelajah Kepahlawanan

400 siswa dan santri se Jawa Timur melakukan Pelayaran Jelajah Kepahlawanan bersama KRI dr. Soeharso.

400 siswa dan santri se Jawa Timur melakukan Pelayaran Jelajah Kepahlawanan bersama KRI dr. Soeharso.

MN, Surabaya – Kapal perang jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim, KRI dr. Soeharso – 990 yang dikomandani Letkol Laut (P) Alfred Daniels Mathews, mulai 30 Oktober s.d 1 November 2017 melaksanakan pelayaran Jelajah Kepahlawanan bersama 400 siswa dan santri se-Jatim . 

Jelajah Kepahlawanan ini dilepas langsung oleh Sekjen Kemensos RI, Bapak Harry Soeratin didampingi Kasarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Roberth W. Tappangan, SH yang mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, SH, MAP dan bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (30/10).         

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2017, TNI AL / Koarmatim bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Jatim menyelenggarakan Pelayaran Jelajah Kepahlawanan Tahun 2017 dan Bakti Sosial di wilayah Lanal Batuporon, yang di ikuti oleh pemuda dan pelajar, Santri, Karang Taruna, serta Tagana sewilayah Jatim binaan Koarmatim.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian Koarmatim dalam menanamkan nilai-nilai kemaritiman dan menumbuhkembangkan semangat kepahlawanan serta kepedulian para pemuda pemudi Indonesia.

Penyelenggaraan kegiatan jelajah kapal kepahlawanan merupakan bagian dari Pembinaan Teritorial (Binter) matra laut  yang dilaksanakan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat melalui kegiatan yang bercorak lintas sektoral dan melibatkan seluruh komponen bangsa dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapan satuan yang dikemas dalam kegiatan Bakti Sosial, Komunikasi Sosial, maupun Ketahanan Wilayah sehingga ke depan akan tersedia komponen cadangan dan komponen pendukung sebagai kekuatan pengganda TNI AL.

Selama berlayar dengan KRI yang terkenal dengan nama kapal rumah sakit TNI AL ini, para pelajar diperkenalkan profil KRI dr. Soeharso-990 secara lebih dekat melalui Ship Tour. 

Selain itu, untuk menumbuhkan jiwa kemaritiman akan ditayangkan melalui nonton bareng pemutaran film-film tentang keangkatan lautan. Selain itu kegiatan menarik lainnya adalah melaksanakan pembekalan nilai-nilai kepahlawanan dan kemaritiman kepada peserta melalui kegiatan ceramah, diskusi/tanya jawab, dinamika kelompok, dan Game/Simulasi.

Setelah kapal sandar keesokan harinya, Diskes Koarmatim dan Diskes Lantamal V Surabaya melaksanakan bakti sosial dengan melaksanakan pembagian sembako, pembagian sandang layak pakai, pemberian alat kesehatan, maupun peayanan kesehatan kepada masyarakat setempat di Lapangan Jala Gatra Madura wilayah Lanal Batuporon secara gratis.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha