Published On: Mon, Jan 15th, 2018

Buka Peluang Kerja Sama Keamanan Laut, Delegasi Indonesia Sambangi India

Kunjungan kerja The First Indonesia-India Security Dialogue (IISD-1) di kantor Mako ICG, New Delhi India, beberapa hari lalu.

Kunjungan kerja The First Indonesia-India Security Dialogue (IISD-1) di kantor Mako ICG, New Delhi India, beberapa hari lalu.

MN, Jakarta – Delegasi Indonesia dipimpin Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto melakukan kunjungan kerja The First Indonesia-India Security Dialogue (IISD-1) dan diterima Penasehat Keamanan India Ajit K. Doval. Pada kesempatan tersebut perwakilan Bakamla RI bertemu dengan Direktur Operasi India Coast Guard (ICG) Laksda Paramesh di kantor Mako ICG, New Delhi India, beberapa hari lalu.

Perwakilan Bakamla RI Kabagum Zona Kamla Barat Kolonel Marinir Sandy Muchjidin Latief yang hadir bersama Kepala Pangkalan Serei Kolonel Laut (P) Agung Jaya Saktika mengatakan acara berlangsung dengan aman dan lancar. Pertemuan yang dilaksanakan untuk menjajaki kerjasama bilateral kedua negara di bidang hukum dan keamanan untuk pertama kalinya tersebut berhasil membuka peluang hubungan kerjasama keamanan laut yang lebih baik antara Bakamla RI dengan ICG.

Kolonel Sandi mengatakan, melalui pertemuan tersebut Menko membuka peluang atau koridor yang memungkinkan adanya hubungan yang lebih baik antar Coast Guard to Coast Guard. Pembicaraan menghasilkan rencana untuk pelaksanaan IISD ke-2 dalam format working group. Pertemuan ini akan menjadi agenda tetap dalam kerja sama Indonesia-India, dan untuk pertemuan berikutnya rencananya dilakukan di Indonesia.

Pertemuan yang difasilitasi secara aktif oleh Dubes RI di India Sugiharto tersebut membahas beberapa peluang kerjasama antara lain patroli bersama, capacity building, dan upaya penanganan masalah keamanan lainnya.

Selaku perwakilan ICG, Laksda Paramesh menyambut baik kehadiran Bakamla RI dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, ditengah kompleksnya permasalahan laut, ICG memerlukan adanya otoritas resmi Indonesia di bidang keamanan laut yang dapat menjadi partner India dalam kerjasama untuk mengatasi permasalahan yang ada. Laksda Paramesh juga berharap dapat diberikan kemudahan untuk memantau kapal-kapal yang melewati perairan Indonesia dan bergerak menuju perairan India.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha