Published On: Mon, Jun 18th, 2018

Catat Rekor, Total Penumpang Arus Mudik Pelindo III Capai 30.291 Orang

Suasana arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak.

Suasana arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak.

MN, Surabaya – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III melaporkan total arus penumpang yang berhasil diangkut oleh BUMN di bidang transportasi laut tersebut pada puncak arus mudik lebaran tahun ini, yaitu pada 11 Juni 2018 yang lalu mencapai 30.291 orang. Data ini diperoleh dari tujuh provinsi kawasan operasi Pelindo III, diantaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Perusahaan operatorpelabuhan milik pemerintah ini mencatat total pemudik pada puncak arus mudik di pelabuhan terbesar pada wilayah operasi perusahaan ini, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terjadi pada H-2 atau pada tanggal 13 Juni dengan jumlah penumpang yang turun (embarkasi) mencapai 14.507 orang dan penumpang yang naik (debarkasi) sebanyak 687 orang.

Sebagian besar pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berasal dari Pelabuhan Balikpapan dengan jumlah 13.975 orang, Banjarmasin dengan jumlah 8.688 orang, dan Kumai dengan 6.804 orang. Sedangkan untuk sebagian besar pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang berasal dari Pelabuhan Kumai sebanyak 10.499 orang, Tanjung Priok Jakarta sebanyak 7.082 orang, dan Sampit sebanyak 6.139 orang.

Pelabuhan asal (debarkasi) tersebut menunjukkan daerah tujuan perantauan bagi masyarakat yang berangkat dari dua pelabuhan besar yang dioperasikan oleh Pelindo III (Tanjung Perak dan Tanjung Emas).

Selain itu, sebagai wujud BUMN Hadir untuk Negeri, perusahaan yang berkantor pusat di Kota Surabaya ini pun memberikan fasilitas mudik gratis dan telah mengantarkan 16.502 pemudik hingga ke kampung halamannya pada libur hari raya Idul Fitri tahun ini.

CEO Pelindo III Ari Askhara mengaku bersyukur atas kelancaran arus mudik pada tahun ini, terutama karena keberhasilan memberikan program mudik gratis bagi 16.502 orang yang sebagian besar diantaranya berasal dari masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Saya bersyukur program mudik gratis ini berjalan lancar. Dari target semula 14.000 orang, tercapai 16.502 orang pemudik jalur laut. Mereka kebanyakan dari masyarakat kelas menengah ke bawah, bisa selamat dan nyaman diantar sampai ke terminal terdekat di kampung halamannya,” ujarnya..

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo III Faruq Hidayat juga menambahkan bahwa berdasarkan data Pelindo III, mayoritas pemudik dari Pelabuhan Tanjung Perak mengambil bus gratis dengan rute Surabaya-Madiun sebanyak 2.843 pemudik, dan rute Surabaya-Jember 2.546 pemudik.

Sedangkan untuk keberangkatan bus gratis dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang rute dengan pemudik terbanyak yaitu Semarang-Wonosobo dengan 931 pemudik dan Semarang-Purworejo dengan 834 pemudik.

“Puncak arus mudik gratis di kedua pelabuhan terjadi pada hari yang sama dengan puncak arus mudik keseluruhan di wilayah kerja Pelindo III, yaitu 11 Juni. Di Tanjung Perak dalam satu hari sandar tiga kapal, yakni KM Labobar, KM Awu, dan KM Niki Barokah dengan peserta mudik gratis mencapai 1.824 orang. Kemudian di Tanjung Emas sandar KM Leuser dengan peserta mudik gratis sebanyak 517 orang,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com