Published On: Sat, Dec 2nd, 2017

Dankodiklatal Resmikan Dikmapa PK TNI AL

Dankodiklatal Laksda TNI Darwanto menyematkan brevet kepada para siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut Korps Kesehatan Tahun 2017 di gedung Betelgeuse kesatrian Buimimoro Kodiklatal.

Dankodiklatal Laksda TNI Darwanto menyematkan brevet kepada para siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut Korps Kesehatan Tahun 2017 di gedung Betelgeuse kesatrian Buimimoro Kodiklatal.

MN, Surabaya – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto memimpin Upacara pembukaan siswa Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut Korps Kesehatan Tahun 2017 di Gedung Betelgeuse Kesatrian Buimimoro Kodiklatal.

Pembukaan pendidikan yang diikuti 30 siswa tersebut juga dihadiri pejabat utama Kodiklatal lainnya, antara lain Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Kasirun Situmorang, Dirdiklat Kodiklatal Laksma TNI Greg Agung WD, Direktur Umum Kodiklatal Laksma TNI Bernhard Setya Budiheruyono, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Maman Firmansyah, dan Komandan Pusdiklapa Kolonel Laut (P) Aria Cakra Wibawa.

“Perwira Prajurit Karier TNI Angkatan Laut adalah prajurit yang berasal dari perguruan tinggi dengan berbagai disiplin ilmu. Dengan disiplin ilmu yang mereka miliki jadilah prajurit TNI AL yang profesional dan dapat diandalkan dalam setiap tugas negara,” ujar Dankodiklatal Laksda TNI Darwanto .

Lebih lanjut, Dankodiklatal menyampaikan bahwa sebagai perwira muda di masa depan akan menapaki jalan panjang dan penuh tantangan. Berbagai penugasan dan pendidikan lanjutan serta titian jenjang karier yang berliku akan dilalui.

Menurut Dankodilatal, untuk menempuh perjalanan berat tersebut perlu adanya semangat dan kesungguhan disertai sikap sabar, ikhlas, dan tawakal agar senantiasa sukses dan bisa mencapai karier tertinggi sebagaimana yang dicita-citakan.

“Dalam menempuh pendidikan di Kodiklatal, para siswa akan menempuh pendidikan selama 5,5 bulan yang terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama para perwira siswa akan mengikuti pendidikan tahap lanjutan gabungan (Kematraan) di Sekolah fungsi Pusdiklapa Kodikopsla selama 1,5 bulan sedangkan tahap kedua yaitu tahap dasar golongan lanjutan profesi di Pusdikes Kodikdukum selama empat bulan,” ungkap mantan Pangarmatim tersebut.

Adapun tunjuan dari pendidikan ini setelah lulus dari Kodiklatal diharapkan para perwira siswa memiliki kemampuan profesi, kepemimpinan, dan kesamaptaan yang baik sebagi prajurit matra laut sekaligus mampu berpikir bersikap dan bertindak sesuai tuntutan fungsi teknis yang diarahkan pada spektrum pekerjaan dalam berbagai penugasan.

Selain itu mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI AL yang prosefesional, andal, dan disegani dalam mewujudkan TNI AL yang berkelas dunia.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan Siswa Dikmapa oleh Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto. Dalam kesempatan tersebut, Dankodiklatal menyampaikan beberapa hal tentang penyelenggraan sistim pendidikan di Kodiklatal, tujuan, sasaran, proses pendidikan Dikmapa, serta penentuan predikat kelulusan Dikmapa.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut antara lain Komandan Pusdik dan komandan sekolah dilingkungan Pusdiklapa.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha