Published On: Wed, Mar 29th, 2017

Dekan FMP Unhan pimpin Delegasi RI di Jepang

Para Delegasi RI dalam Tokyo Defense Forum ke-21

MNOL, Jakarta – Guna meningkatkan kerjasama pertahanan di Indo-Asia-Pasifik, Kementerian Pertahanan Jepang menyelenggarakan Tokyo Defense Forum ke-21 tanggal 27 – 30 Maret 2017. Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. memimpin delegasi RI beranggotakan Kol. Kav. Oktaheroe Ramsi, S.IP., M,Sc. dan Atase Pertahanan RI untuk Jepang Kol. Pnb. Ian Fuady.

Forum tahunan ini dihadiri oleh 26 negara dari berbagai belahan dunia ditambah 3 organisasi internasional, yakni Uni Eropa, ASEAN dan Palang Merah Internasional. Forum dibuka secara resmi oleh Wakil Menhan Jepang untuk Parlemen, Kobayashi.

Peserta forum sebanyak 68 orang datang dari beragam institusi dalam komposisi para Perwira Tinggi militer dari ketiga angkatan dan pejabat tinggi kementerian. Pada kesempatan tersebut Dekan FMP menyampaikan pandangan Indonesia terkait topik dan tema forum dalam paparan berjudul “Multilateral Cooperation on Peacekeeping and Peacebuilding”.

Paparan tersebut menekankan pentingnya Joint Pre-Deployment Training untuk pasukan perdamaian dari berbagai negara untuk melakukan harmonisasi Standard Operating Procedure (SOP) dan Rule of Engagement (ROE).

Octavian juga menjelaskan “Bagaimana Unhan selalu mendukung Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI melalui peranan Pusat Studi Damai dan Resolusi Konflik di bawah Fakultas Keamanan Nasional (FKN)”.

Selain berpartisipasi aktif dalam forum, maka delegasi Indonesia juga memenuhi undangan berbagai negara untuk melakukan bilateral meeting, seperti dengan tuan rumah Jepang, Korea Selatan, dan Prancis sekaligus multilateral meeting dengan 10 negara anggota ASEAN.

 

(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha