Published On: Wed, Sep 20th, 2017

Diakui Dunia Internasional, Produk Peta Laut Indonesia Miliki Kekhususan Tersendiri

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro saat memberikan ceramah hidrografi di Mako Koarmabar.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro saat memberikan ceramah hidrografi di Mako Koarmabar.

MN, Jakarta – Peta Laut Indonesia (PLI) baik dalam bentuk peta kertas dan peta elektronik (Electronic Navigational Charts/ENC) produk Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) maupun produk Publikasi Nautika sudah diakui secara internasional.

Demikian dikatakan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro dalam ceramahnya pada Safari Hidrografi Pushidrosal bertempat di Gedung OB. Syaaf, Mako Koarmabar, Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).

Safari Pushidrosal di Koarmabar ini merupakan rangkaian kegiatan safari  yang telah digelar di beberapa daerah, untuk bertatap muka dan dan bertukar informasi dengan para pengguna utama produk-produk Pushidrosal, khususnya mengenai Hydrographic Awareness, peta laut, peta militer, dan perkembangan batas maritim RI dengan negara-negara tetangga.

Hadir dalam acara tersebut Kasarmabar Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, SE  beserta pejabat utama Koarmabar, perwakilan Kotama TNI AL, TNI AD, TNI AU, KPLP, Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, KSOP Sunda Kelapa, INSA Jakarta, serta HNSI Jakarta.

Lebih lanjut Kapushidrosal menyampaikan bahwa Pushidrosal merupakan respresentasi Pemerintah RI dalam bidang kehidrografian di lembaga internasional International Hydrographic Organization (IHO), sehingga produk-produk yang dihasilkan sudah memenuhi standar internasional yang telah dipersyaratkan IHO.

Ditambahkannya, produk peta laut indonesia memiliki kekhususan tertentu yang  tidak  dimiliki oleh peta-peta lainnya. Peta yang di dalamnya banyak tanda dan simbol, yang semuanya dimaksudkan untuk membantu seorang navigator dalam melayarkan kapalnya  tersebut, selalu diupdate melalui survei dan pemetaan hidro-oseanografi Pushidrosal untuk menjamin keselamatan pelayaran.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha