Published On: Mon, Jan 29th, 2018

Ditjen Hubla sebut Aplikasi IMRK akan Cegah Praktik Monopoli

Kegiatan untuk Program Rumah Kita oleh Pelindo III

MN, Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bakal mengeluarkan aplikasi Informasi Muat Ruang Kapal (IMRK) dalam rangka memaksimalkan program Rumah Kita dan Tol Laut.

Keberadaan aplikasi IMRK disebut oleh Ditjen Perhubungan Laut akan mencegah monopoli dan menjaga jenis muatan yang diangkut. Tujuannya agar subsidi Pemerintah di program tol laut dapat tepat sasaran.

Ditjen Perhubungan Laut menyiapkan aplikasi IMRK berisikan kuota dan prioritas muatan, jadwal, standar pelayanan serta penyediaan data valid dan lengkap untuk mempermudah pengambilan keputusan yang tepat dan accountable.

Bagi operator, aplikasi tersebut jelas akan bermanfaat, dimana program IMRK dapat mengurangi biaya pemasaran, efisien dan transparan, mengurangi resiko, dan pelayanan online 24/7.

Namun ketika Maritimnews coba mengkonfirmasi Capt Wisnu Handoko selaku Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri terkait program dan kinerja aplikasi termasuk kapan waktu launching aplikasi IMRS, tidak ada jawaban.

Seperti diketahui, bahwa aplikasi IMRS adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna dalam hal ini 19 lokasi program Rumah Kita di seluruh pelosok Indonesia.

Aplikasi IMRK dibutuhkan penanggungjawab Rumah Kita yakni BUMN Pelindo I untuk wilayah Nias dan Mentawai, Pelindo II (Natuna dan Tahuna), Pelindo III (Dompu, Waingapu, Rote dan Kalabahi), Pelindo IV (Nabire, Tobelo, Sebatik, Tidore dan Sangatta/Lhoktuan), Pelni (Morotai, Saumlaki, Manokwari dan Timika) dan ASDP (Merauke, Namlea).

(Bayu/MN)

About the Author

- Jurnalis Maritimnews.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com