Published On: Thu, Apr 26th, 2018

Ditjen Hubla Serentak Resmikan Pengoperasian Kapal Baru di Batam

Kapal yang dilepas dari Batam

MN, Batam – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan meresmikan secara serentak kapal-kapal perintis dan kapal ternak baru sebanyak 4 unit oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang diwakili Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri, Capt Wisnudi di Galangan Kapal PT Bandar Abadi, Batam, Kamis (26/4).

Adapun kapal yang dilepas tersebut terdiri dari tiga unit kapal kontainer feeder dengan kapasitas 100 teus, yaitu KM Kendhaga Nusantara 1, KM Kendhaga Nusantara 7, dan KM Kendhaga Nusantara 9, serta satu unit kapal khusus ternak kapasitas angkut 500 ekor bernama KM Camara Nusantara 3.

Menurut Capt Wisnu Handoko, KM Kendhaga Nusantara 1 akan berlayar perdana dari galangan kapal PT Bandar Abadi, Batam ke pangkalannya di hubport Tahuna untuk kemudian melayani distribusi logistik kepulauan Sangihe, Talaud.

Sedangkan KM Kendhaga Nusantara 7 dan 9 dilepas dari galangan kapal PT Orela, Surabaya yang akan berlayar ke pangkalannya di Hubport Tobelo untuk melayani distribusi logistik di sekitar kepulauan Halmahera serta melayani distribusi logistik di sekitar wilayah Sarmi, Teba, Waren, dan Oransbari di Provinsi Papua.

Sementara KM Camara Nusantara 3 adalah kapal ternak generasi ke 2 yang telah selesai dibangun. “Kapal CN 3 akan dilepas dari Galangan Kapal Bahtera Bahari Shipyard, Batam menuju Kupang dan selanjutnya akan melayani rute angkutan ternak ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Bengkulu,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com