Published On: Fri, Jun 30th, 2017

Ditjen Perhubungan Laut Melaporkan Arus Balik H+4 di 52 Pelabuhan, Belum terjadi Lonjakan

Dirjen Hubla saat berada di kapal Pelni

MN, Makassar – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dalam siaran pers nya melaporkan arus penumpang angkutan laut Lebaran tahun 2017 hingga H+4 di 52 pelabuhan pantau diseluruh Indonesia, Jumat (30/6).

Catatan laporan resmi yang dikeluarkan oleh Posko Angkutan Laut Lebaran 2017 per tanggal 30 Juni 2017 pukul 08.00 WIB, belum terjadi lonjakan penumpang.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono menyebutkan bahwa puncak arus balik angkutan laut Lebaran tahun 2017 diperkirakan akan terjadi pada H+3 hingga H+7.

“Untuk angkutan laut kami memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada H+3 hingga H+7. Untuk itu, saya berpesan agar para petugas posko dapat terus fokus memonitor dan melayani masyarakat yang akan ikut dalam arus balik,” kata Dirjen Hubla di Makassar.

Menurut Tonny, berdasarkan data yang dikeluarkan Posko Angkutan Laut Lebaran terdapat jumlah penumpang naik sebanyak 1.030.740 orang dan penumpang turun sebanyak 984.608 orang. Sampai dengan H+4 pukul 08:00 WIB pelabuhan terpadat adalah Pelabuhan Batam dengan jumlah penumpang naik sebanyak 151.919 orang dan penumpang turun sebanyak 102.958 orang di Pelabuhan Batam.

Adapun untuk perbandingan penumpang naik dari H-15 sampai dengan H+4 di tahun 2016 dibandingkan dengan H-15 sampai dengan H+4 di tahun 2017 mengalami Penurunan sebesar -3.93% sedangkan penumpang turun mengalami penurunan sebesar -6.83%.

“Dari 52 pelabuhan pantau, keadaan di pelabuhan aman dan terkendali, hal ini didukung oleh koordinasi antar instansi di pelabuhan berjalan dengan baik untuk menjadikan mudik lebaran tahun ini berjalan selamat, aman dan nyaman,” terang Tonny.

Dengan demikian, membuktikan bahwa tidak terjadi adanya lonjakan penumpang di setiap pelabuhan dan tidak adanya penumpang di pelabuhan yang tidak terangkut oleh kapal penumpang yang beroperasi pada 52 pelabuhan di Indonesia.

Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor

Terkait dengan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, hari ini (30/6) kapal KM Dobonsolo milik Pelni akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

“Kapal Dobonsolo hari ini akan membawa 934 motor dan 1.986 penumpang dan akan terus bertambah hingga waktu keberangkatan nanti,” kata Tonny.

Dirjen Tonny juga menghimbau agar masyarakat memanfaatkan program mudik gratis untuk keselamatan dan keamanan pemudik arus balik dengan sepeda motor.

“Saya himbau agar masyarakat yang akan mudik arus balik dengan sepeda motor dapat memanfaatkan program mudik gratis ini, hindari kelelahan di jalan dengan naik kapal dan nikmati fasilitas yang ada di atas kapal serta pemandangan hamparan laut yang indah untuk menyegarkan diri dan keluarga sebelum kembali ke rumah,” pungkas Tonny.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com