Published On: Mon, Jun 18th, 2018

Dukung Kelancaran Arus Mudik, Dirjen Hubla Siagakan Dua Kapal Patroli KPLP di Teluk Jakarta

Kapal patroli KPLP KNP 50045.

Kapal patroli KPLP KNP 50045.

MN, Jakarta – Guna mendukung misi menyukseskan arus mudik Idul Fitri 1439 H, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) menyiagakan dua unit kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Hal ini dilakukan untuk mengawasi keselamatan pelayaran kapal-kapal tradisional yang berlayar dari Pelabuhan Kali Adem ke Kepulauan Seribu dan sebaliknya.

Kasie Operasi Pangkalan PLP Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto mengatakan bahwa dua kapal patroli KPLP yang dikerahkan adalah KNP 348 dan KNP 206.

Di samping dua kapal patroli KPLP tersebut, Pangkalan PLP Tanjung Priok juga menyiagakan satu unit sea rider SAR yang akan mulai bergerak melakukan pengawasan di alur pelayaran Muara Angke sampai Kepulauan Seribu hingga satu pekan ke depan.”Jumlah personel SAR yang kami siagakan sebanyak enam orang,” ujarnya Sabtu (16/6).

Capt. Pujo juga sempat menjelaskan bahwa kapal patroli KPLP milik Pangkalan PLP Tanjung Priok juga mengawal pelayaran kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Lebih lanjut,ia menerangkan bahwa kegiatan patroli saat hari raya Idulfitri ini merupakan tindak lanjut dari telegram Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor 61/V/DN-18 tanggal 28 Mei 2018 tentang peningkatan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya pada hari besar, libur, dan cuti bersama.

Ia juga menambahkan tentang personil PLP yang profesional harus cepat bertindak saat terjadi kecelakaan di laut, tegas dalam menegakkan hukum, serta menghindari perbuatan dan tindakan tercela.

“Ini merupakan panggilan hati bagi kami, bagaimana kami dapat ikut berperan serta di penyelenggaraan angkutan laut Lebaran,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com