Published On: Wed, Jun 27th, 2018

Dukung Pengembangan Dunia Keperawatan Nasional, Perawat Rumkital dr. FX Suhardjo Ikuti Seminar Nasional

Suasana Seminar Nasional Keperawatan di Ambon (25/6).

Suasana Seminar Nasional Keperawatan di Ambon (25/6).

MN, Ambon – Pengurus beserta anggota PPNI Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon mengikuti Seminar Nasional Keperawatan yang digelar oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Maluku di Gedung Serbaguna Maluku City Mall (MCM), Senin (25/06).

Seminar yang dibuka oleh Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff menghadirkan narasumber Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI Harif Fadillah, S.Kp, SH., MH.Kes., yang didampingi para staff DPP PPNI dan diikuti oleh peserta yang berasal dari akademisi, pendidikan, mahasiswa, pegawai yang bekerja di intansi pemerintahan, serta perwakilan rumah sakit yang ada di Provinsi Maluku.

Sebelum pembukaan seminar yang bertemakan Praktik Mandiri Keperawatan tersebut, Ketua Umum DPP PPNI dengan didampingi Ketua DPW PPNI Provinsi Maluku memberikan penghargaan kepada Gubernur Maluku dan Kepala Dinas Kesehatan  dalam rangka perjuangan pengesahan undang–undang keperawatan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP PPNI mengatakan kegiatan seminar ini merupakan bagian dari proses penguatan kelembagaan organisasi PPNI dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai organisasi profesi yang mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan dan pemeliharaan pengetahuan, ketrampilan, martabat, etika profesi, serta mempersatukan perawat seluruh Indonesia untuk menunjang pembangunan nasional.

Pada sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Maluku Bindang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Abdul Halim Daties, Pemerintah Provinsi Maluku mengharapkan hasil yang dicapai dalam seminar ini dapat memberikan kontribusi konseptual maupun praktis terhadap pembangunan sumber daya manusia keperawatan di Maluku.

Pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian internal dari pelayanan kesehatan di dasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan berbentuk pelayanan biopsikososial spiritual yang koferehensif ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan seminar dengan narasumber Ketua Umum DPP PPNI yang menyampaiakan materi tentang aspek norma dan tanggung jawab dalam praktik keperawatan.

Selanjutnya materi tentang praktik mandiri keperawatan oleh Anggota Bidang Pelayanan DPP PPNI Ns. Achirman, S.Kep., SKM., M.Kep., dan materi tentang standar diagnosis keperawatan Indonesia disampaiakan oleh Bendahara Umum DPP PPNI Apri Sunadi.

Disela acara seminar, Ketua Dewan Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Maluku Harry Lotleli, S.Sos., M.Kes., mengatakan seminar ini mempunyai makna mendalam bahwa praktik mandiri keperawatan sesuai dengan amanat undang – undang nomer 38 tahun 2014 tentang keperawatan.

“Praktik mandiri ini perlu disosialisasikan kepada seluruh kalangan perawat di Maluku, dengan harapan dari sosialisasi ini para peserta dapat memahami peran mereka (perawat) sebagai tanggung jawab keperawatan secara mandiri di tengah – tengah masyarakat yang sesuai aturan yang berlaku,” kata Ketua DPW PPNI Maluku kepada wartawan.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com