Published On: Fri, Dec 29th, 2017

Dukung Penguatan Arus Logistik Jawa Tengah, Konsep Pelabuhan Kendal Siap Diluncurkan

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bupati Kendal dengan CEO Pelindo III.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bupati Kendal dengan CEO Pelindo III.

Semarang – Pelindo III menyiapkan konsep pengembangan Pelabuhan Kendal, untuk mendukung arus logistik barang di Provinsi Jawa Tengah. Keseriusan BUMN kepelabuhanan tersebut tertuang dalam kesepakatan bersama yang ditandatangani CEO Pelindo III Ari Askhara dan Bupati Kendal Mirna Annisa, di Kendal, Kamis (28/12).

Ari Askhara usai penandatangan menyatakan sangat mengapresiasi terobosan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal untuk mengembangkan aset yang dimiliki kabupaten. “Dengan bersinergi bersama BUMN Pelindo III yang memiliki kemampuan baik bisnis, teknis, dan modal, Pemkab Kendal dapat mengembangkan aset kabupaten dengan lebih efisien. Sehingga dapat meningkatkan manfaat ekonomi, tidak hanya untuk warga Kendal, tetapi juga pemangku kepentingan logistik di hinterland Pelabuhan Kendal, yakni industri Jawa Tengah (Jateng) dan sekitarnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ruang lingkup dari kerja sama tersebut meliputi pembangunan, pengoperasian, investasi, pendanaan, dan penyertaan modal untuk Pelabuhan Kendal. Pelaksanaan proses awal pengerjaan proyek juga akan lebih efektif, karena tahap studi kelayakan, pengurusan, dan pemrosesan perizinan akan dikerjakan bersama oleh Pelindo III dan Pemkab Kendal. “Kesepakatan bersama ini tidak terbatas hanya pada proyek fisik. Tetapi juga sisi pengembangan SDM (sumber daya manusia), yaitu program peningkatan kapasitas pegawai berupa pelatihan, pertukaran pegawai, dan bantuan teknis, serta berbagai kemungkinan kerja sama lain yang dibutuhkan,” tambah Ari Askhara.

“Pelabuhan Kendal akan menjadi fitur yang menarik bagi investor untuk berinvestasi di Kawasan Industri Kendal (KIK) yang sedang dibangun oleh pemerintah. Karena adanya fasilitas pelabuhan yang terintegrasi dalam suatu kawasan industri dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari distribusi barang produksi,” ungkap Ari Askhara.

Pada kesempatan tersebut Pelindo III sekaligus menyalurkan bantuan dana hibah bina lingkungan  yang diberikan secara simbolis kepada Bupati Kendal yang mencapai hingga Rp1 miliar. “Peruntukkan dana hibah kali ini untuk bantuan bedah rumah warga prasejahtera, penyediaan aliran listrik di desa dengan akses terbatas, dan pembangunan fasilitas umum berupa jamban yang layak demi kesehatan masyarakat Kabupaten Kendal,” kata Ari Askhara lagi.

Saat ini Pelindo III mengelola sejumlah pelabuhan penting di Jateng, seperti Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, termasuk Terminal Peti Kemas Semarang yang menjadi gerbang ekspor-impor utama di Jateng. Kemudian untuk pesisir selatan ada Pelabuhan Tanjung Intan di Cilacap yang melayani banyak bongkar muat curah. “Layanan pelabuhan yang prima pada pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III akan meningkatkan daya dukung logistik bagi industri di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini menjadi faktor penting yang mendukung akselerasi penyebaran dan pemerataan industri dan ekonomi nasional yang diupayakan pemerintah,” pungkasnya.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com