Published On: Tue, Jul 25th, 2017

Festival Film Pendek Kemaritiman Resmi Dibuka

Konferensi pers Festival Film Kemaritiman dan Festival Film Pelajar 2017

Konferensi pers Festival Film Kemaritiman dan Festival Film Pelajar 2017

MN, Jakarta – Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) secara resmi membuka pendaftaran untuk festival film pendek bagi para sineas muda Indonesia. Kompetisi pembuatan film pendek yang bertema kemaritiman ini akan secara resmi diluncurkan pada Hari Selasa (25/7/2017) di Gedung Kemenko Bidang Kemaritiman.

Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin dijadwalkan akan membuka acara peluncuran tersebut. Sementara itu, dari Kemdikbud akan hadir Sekjen Kemdikbud Didik Suhardi didampingi oleh kepala Pusat Pengembangan Film (Pusbangfilm) Maman Wijaya.

Asisten Deputi Bidang Budaya, Seni dan Olahraga Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Kosmas Harefa, mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kompetisi tersebut adalah untuk memberikan wawasan dan membangun kecintaan generasi muda pada budaya maritim. “Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, namun sayang tidak banyak generasi muda yang cinta laut atau kenal dengan budaya bahari,” ujarnya di Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Selain itu, festival film pendek ini juga diharapkan mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas film dokumenter yang dibuat oleh pelajar Indonesia.

Lebih detil, Kosmas menambahkan, ada dua tema yang dapat diangkat oleh peserta kompetisi dalam film mereka, yakni “Potensi Kemaritiman Indonesia” dan “Selamatkan Laut Indonesia”. Melalui dua tema tersebut, peserta diajak untuk bebas berkarya dan berkreasi. Selain itu, peserta juga diajak untuk lebih memantapkan jiwa nasionalisme serta sadar akan pentingnya dunia maritim bagi Indonesia.

Mengenai teknis pelaksanaan, lanjut Kosmas, ada dua perbedaan dalam kriteria lomba yang diadakan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kemdikbud tersebut. Perbedaan itu antara lain adalah batasan usia peserta. Kemenko Bidang Kemaritiman, mematok rentang usia antara 17-30 tahun sebagai persyaratan peserta kompetisi. Dan peserta berasal dari kalangan umum. Sementara itu, Kemendikbud mensyaratkan peserta adalah kalangan pelajar SMP, SMA/SMK atau sederajat dengan rentang usia antara 12-16 tahun.

Lalu, Kemenko Bidang Kemaritiman mengundang sineas muda untuk mengirimkan karya film mereka yang sudah siap tayang dengan durasi maksimal 7 menit. Sementara Kemdikbud meminta peserta lomba untuk mengirimkan proposal ide untuk film dokumenter. Bagi peserta yang idenya terpilih, akan diundang Kemdikbud untuk mengikuti pelatihan bersama praktisi dan akademisi film di Jakarta selama seminggu. Setelah itu mereka akan diminta untuk memproduksi film. Hasil produksi tersebut kemudian akan dinilai oleh tim juri yang berlatar belakang sineas senior.

Petunjuk teknis tentang kompetisi film pendek ini dapat diunduh dari website Kemenko Bidang Kemaritiman dengan pranala https://maritim.go.id/konten/pengumuman-pendaftaran-festival-film-pendek-kemaritiman-2017/ . Sedangkan informasi detil mengenai kompetisi film dokumenter di Kemdikbud dapat diakses melalui pusbangfilm.kemdikbud.go.id .

Anugrah/MN

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha