Published On: Sun, Jun 11th, 2017

Gandeng BNI, Akumandiri bangun UMKM yang Tangguh dan Mandiri

Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri Hermawati Setyorinny (kiri) dan, Pimpinan Divisi Bisnis Usaha Kecil PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Anton Fadjar A. Siregar (kanan)

MN, Jakarta –  Assosiasi UMKM Indonesia Akumandiri dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk tandatangani perjanjian kerjasama untuk membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tangguh dan mandiri di Kantor Pusat BNI, Jakarta, (30/5).

Penandatangan perjanjian kerjasama tentang penyaluran kredit itu dilakukan oleh Ketua Umum  Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri Hermawati Setyorinny  dan, Pimpinan Divisi Bisnis Usaha Kecil PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Anton Fadjar A. Siregar.

Di sela-sela acara itu, Anton menyatakan kerjasama ini tidak bukan hanya bersinergi dalam masalah pemberian kredit saja tetapi juga dalam aspek lainnya. Misalnya seperti pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan dan pemasaran bagi anggota yang mendapatkan penyaluran kredit dari BNI.

“Program Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri. Nanti bisa kita buat marketplace untuk para pelaku UMKM,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung upaya yang dilakukan oleh Akumandiri.

“Saran saya data anggota dapat dibuat secara online sehingga mudah dipantau. Pada prinsipnya Bank BNI sangat mendukung dan men-support kegiatan Akumandiri sebagai bentuk sinergi dalam pengentasan UMKM yang lebih baik,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum  Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri Hermawati Setyorinny menyatakan bahwa antara Akumandiri dan BNI mempunyai kesepahaman bersinergi untuk mendukung dan meningkatkan usaha produktif  dari pelaku UMKM.

“Terima kasih untuk dukungan Bank BNI dengan menyediakan produk dan jasa perbankan khususnya kepada anggota IUMKM Akumandiri,” ujar Riny biasa akrab disapa.

Hal itu sesuai dengan misi utama dari Akumandiri yaitu mewujudkan tata hubungan yang baik antara para pelaku UMKM serta kepada pemerintah dan stakeholder lainnya. Maka kerjasama ini, sambung Riny, merupakan bentuk komitmen dari Akumandiri dalam mewujudkan misi tersebut.

“Dengan adanya kerjasama ini sudah barang tentu akan terjadi harmonisasi sehingga keberadaan UMKM tidak akan merugikan kepentingan pihak yang membantu, dalam hal ini adalah BNI yang membantu permodalan dengan menyalurkan KUR kepada UMKM anggota Akumandiri di seluruh wilayah Indonesia,” bebernya.

Akumandiri yang memiliki tagline “Tumbuh Bersama Meng-INDONESIA-kan INDONESIA itu meyakini suatu tujuannya yang dituangkan dalam visinya. Yakni untuk terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan Pancasila, hanya dapat dicapai dengan sinergisitas, kebersamaan, kemitraan, dan gotong royong.

“Untuk itu Akumandiri jelas menempatkan posisi sebagai penerus kebijakan Pemerintah untuk sosialisasi dan implementasi. Sekaligus perwakilan suara UMKM di Indonesia tanpa membedakan agama, suku, ras dan golongan,” tambah perempuan asal Semarang itu.

“Lapangan pekerjaan dan peningkatan keahlian serta keterampilan pengusaha mikro kecil dalam rangka peningkatan kesejahteraan UMKM harus dibangun sehingga ekonomi daerah juga meningkat,” pungkasnya.

Dalam Kesempatan tersebut secara simbolis telah diserahterimakan 85 berkas dokumen pengajuan KUR Mikro dari anggota AKUMANDIRI Kota Tangerang dan Anggota Akumandiri Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang telah lolos BI Checking untuk segera diproses.

“Selanjutnya dalam waktu dekat akan menyusul untuk daerah lainnya,” tutup Riny.

 

(Adit/MN)

 

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com