Published On: Thu, Nov 30th, 2017

Gayung Bersambut dengan Program Pemkot, IPC Sunda Kelapa lakukan Penghijauan

GM IPC Sunda Kelapa Kartiko Juwono dalam acara Media Gathering di Marina Batavia

MN, Jakarta – Sebagai bentuk kepedulian Pelabuhan Sunda Kelapa terhadap masyarakat sekitar, salah satunya melalui penghijauan. Hal itu mengingat image orang terkait Pelabuhan Sunda Kelapa yang gersang dan minim penghijauan membuat suasana menjadi tidak nyaman.

“Walaupun tidak seberapa, namun kami ingin berkontribusi dan bersinergi dengan program Pemerintah Kota Jakarta Utara. Kami minder baru bisa kasih 200 pohon, padahal program Pemkot adalah 1 juta pohon,” ujar GM Pelabuhan Sunda Kelapa Kartiko Juwono saat Media Gathering di Marina Batavia, Jakarta Utara, (30/11).

Melalui kepedulian ini, Pelabuhan Sunda Kelapa mencoba berkontribusi terhadap kenyamanan lingkungan Jakarta Utara yang selama ini memiliki kesan kumuh dan tandus.

“Ibarat mangkuk, 200 pohon ini ibarat pemanis saja. Belum ada apa-apanya ketimbang program Pemkot Jakarta Utara,” seloroh Kartiko.

Menanggapi hal itu, Wakil Walikota Jakarta Utara Junaedi menyampaikan sesuai perintah Gubernur DKI Jakarta, Pemkot Jakarta Utara saat ini memiliki komitmen untuk melestarikan lingkungan.

“Seperti yang disampaikan Pak Gubernur, daerah yang paling rumit penataan kotanya adalah Jakarta Utara. Image-nya adalah daerah yang gersang dan kumuh,” kata Juanedi.

Maka dari itu, pihaknya tengah berupaya merubah image tersebut  dengan program menanam 1 juta pohon di seluruh wilayah Jakarta Utara.

“Alhamdulillah sudah 23.000 pohon terkumpul. Ini memang masih jauh dari target kami yakni 1 juta pohon, tetapi setiap stakeholder di Jakarta Utara sudah kita ajak supaya gayung ini bersambut,” terangnya.

Dengan penghijauan, Pemkot optimis hal itu akan berdampak pada aspek lainnya. Menurut dia, banyak manfaaat yang diperoleh dari pohon, baik dalam menyerap air tanah maupun penghasil oksigen.

Oleh karena ituia menyebut kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan tolokukur pelestarian lingkungan di Jakarta Utara. “Kalau Sunda Kelapa bisa kita rapihkan, Insya Allah daerah lain di Jakarta Utara bisa kita rapihkan,” tegasnya.

Junaedi juga menyatakan bahwa Sunda Kelapa merupakan daerah yang bersejarah bagi kota Jakarta. Daerah ini merupakan cikal bakal adanya kota yang saat ini menjadi Ibukota NKRI. Namun saat ini yang terjadi adalah kekumuhan, tingkat ekonomi paling rendah, dan gersang.

Saat ini beberapa perusahaan termasuk IPC telah memperlihatkan kepeduliannya dalam melestarikan lingkungan. Wakil Walikota yang baru dilantik 7 bulan itu sangat senang melihat kepedulian IPC dalam memperhatikan kawasan sekitarnya.

“Semoga setiap stakeholder dapat mengikuti dan bersinergis dengan kita agar bagamana Jakarta Utara yang lebih baik dapat tercipta. Image sebagai daerah gersang dan kumuh pun dapat dirubah,” pungkasnya.

(Adit/MN)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com