Published On: Sun, Jan 28th, 2018

Gedung Pola Resmi Menjadi Kantor Pusat Bakamla RI

Gedung Perintis Kemerdekaan

MN, Jakarta – Menjelang peristiwa Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Bung Karno menginisiasi berdirinya Dewan Perancang Nasional (Depernas) yang diketuai oleh Mr. Muhammad Yamin. Dengan mendirikan Lembaga tersebut, akhirnya halaman rumah Bung Karno dibangun Gedung Pola, sebagai kantor Depernas.

Lembaga ini yang kemudian merancang pembangunan nasional jangka pendek, menengah, dan Panjang di era Orde Lama. Termasuk perencanaan membangun negara maritim yang besar oleh Bung Karno turut dirumuskan di gedung ini.

Di era Orde Baru, Depernas berganti nama menjadi Bappenas, yang kantornya dipindahkan ke Jalan Taman Suropati No.2, Menteng. Praktis, Gedung Pola menjadi gedung kosong yang tidak terawat. Sebelum ditempati oleh Bakamla, gedung ini adalah kantor dari beberapa Ormas.

Guna mendukung kinerja Bakamla RI, sesuai rencana tanggal 7 Februari 2018, Kantor Pusat Bakamla RI akan dipindahkan ke Gedung Pola yang sekarang lebih dikenal sebagai Gedung Perintis Kemerdekaan atau yang biasa disebut dengan Gedung Proklamasi.

Sebagai bentuk persiapan dalam menempati lokasi kerja yang baru, seluruh pegawai yang awalnya berdinas di Kantor Pusat Jl. Dr. Soetomo, secara bergotong royong jajaran personel Bakamla melakukan kerja bakti di Kantor Pusat yang baru, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2018).

Kegiatan diawali dengan apel bersama, dan mendengarkan arahan yang diberikan oleh Sestama Bakamla RI Marsma TNI Widiantoro, M.B.A., setelah sebelumnya mendapat arahan secara rinci dari Plt. Inspektur Bakamla RI Kombes Pol. Drs. Sarono, M.H., dan Kasubbag Rumga Mayor Marinir Zaini.

Seluruh pegawai sudah mulai memindahkan peralatan kantor dan melakukan persiapan akhir sebelum minggu depan sudah mulai bekerja di lokasi kantor yang baru. Tidak tanggung-tanggung, Sestama Bakamla RI Marsma TNI Widiantoro, M.B.A. memantau langsung kegiatan pegawai. Didampingi oleh Plt. Inspektur Bakamla RI Kombes Pol. Drs. Sarono, M.H., kegiatan bersih-bersih kantor berlangsung dengan lancar.

Tidak hanya mempersiapkan ruang kerja yang akan dihuni, pegawai juga dengan semangat membersihkan lingkungan di luar gedung, seperti taman dan area parkir. Selepas hujan turun, pegawai langsung melakukan operasi semut untuk membersihkan wilayah sekitar kantor.

Merupakan hal besar bagi seluruh pegawai Bakamla RI mendapatkan kepercayaan untuk berkantor di salah satu bangunan bersejarah di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Gedung Perintis Kemerdekaan merupakan ‘pengingat’ akan usaha Bangsa Indonesia merebut kemerdekaannya.

Dengan perjuangan seluruh rakyat, Indonesia berhasil memproklamirkan kemerdekaannya di halaman rumah Presiden Soekarno. Saat ini di lokasi tersebut berdiri Tugu Petir yang berada di area Taman Proklamasi.

Diharapkan dengan kepindahan Bakamla ke gedung ini, semangat pembangunan di sektor keamanan maritim semakin meningkat mengingat ruh awal gedung ini sebagai pusat perencanaan pembangunan nasional.

 

(Anug/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com