Published On: Sat, May 6th, 2017

Gerakan Aksi Bersih di Cilincing, Menko Luhut Ajak Warga Perangi Sampah Plastik

Foto Bersama dalam Gerakan Aksi Bersih

MNOL, Jakarta – Dalam rangka melaksanakan Gerakan Aksi Bersih untuk memperingati Hari Bumi, Kemenko Maritim menggelar aksi bersih serentak di 10 titik di Jakarta. Hal tersebut juga diikuti oleh beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Menko Maritim Luhut B Pandjaitan dalam sambutannya menegaskan agar masyarakat Jakarta harus memiliki kesadaran untuk mengurangi sampah plastik di laut. Soalnya, berdasarkan penelitian, 30 persen ikan di laut sudah tercemar oleh zat yang dihasilkan dari sampah plastik.

“Kepada Bapak Ibu, tolong mulai sekarang jangan ada lagi yang membuang sampah sembarangan, khususnya sampah plastik di kali atau laut. Kita harus perangi sampah ini bersama-sama. Ini adalah musuh bersama, tidak ada urusan agama, suku, kaya atau miskin dalam hal ini,” tegas Luhut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Cilincing, Jakarta Utara, (6/5).

TPI Cilincing merupakan pusat dari pelasanaan gerakan ini yang dihadiri oleh Menko Luhut beserta jajarannya. Ia pun berkesempatan untuk melihat langsung kondisi pesisir Cilincing yang penuh dengan sampah.

“Dalam jangka panjang akan merusak generasi kita kalau dibiarkan terus. Kita juga sudah membuat program untuk mensosialisasikan plastik ramah lingkungan dari singkong dan bahan-bahan lainnya.” terangnya.

Pria yang dikenal tegas dan penuh disiplin ini selanjutnya menyatakan Indonesia telah bekerjasama dengan India dalam hal pengelolaan sampah plastik ini. Ia juga menyatakan akan menindak tegas pihak-pihak yang masih ‘bandel’ dengan program pemerintah ini.

“Di India sudah ada 26.000 kilometer jalan dibangun dari plastik. Kerjasama ini akan terus kita kembangkan dengan India,” bebernya.

Aksi ini diikuti oleh 3.124  partisipan yang berasal dari  Kementerian, TNI, Kedutaan Besar, Pemprov DKI, mahasiswa, pelajar, BUMN dan swasta. Para pelajar ada yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.

Menko Luhut juga menyampaikan agar setiap pihak untuk bergotong royong dan bahu membahu dalam menyelesaikan permasalahan serius ini. “Mari kita jaga laut ini agar bebas dari sampah plastik,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menko Luhut melakukan kunjungan ke wilayah sekitar TPI dan menuju tempat pengelolaan sampah. Lalu Purnawirawan TNI AD ini juga mencoba mengoperasikan eskavator pengeruk sampah untuk memindahkan sampah ke mobil penggangkut sampah.

“Saat melihat tumpukan sampah di kali di sini. Pokoknya dalam beberapa tahun ke depan lokasi ini harus bersih. Semuanya kembali kepada diri kita, ingat kebersihan sebagian dari iman,” pungkasnya.

Beberapa perusahaan BUMN yang mendukung event ini di antaranya PT Pertamina, PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Semua perusahaan itu memberikan Coorporate Social Responsbility (CSR) dalam berbagai bentuk bantuan.

(Adit/MN)
 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha