Published On: Tue, Oct 10th, 2017

Go Live Inaportnet telah Diterapkan oleh 16 Pelabuhan 

Menhub Budi Karya Sumadi saat peluncuran Go Live Inaportnet

MN, Jakarta – Go Live Inaportnet telah dilaksanakan Kementerian Perhubungan terhadap 16 (enam belas) pelabuhan di seluruh Indonesia pada tahun 2017. Penerapan aplikasi layanan kapal dan barang berbasis online ditutup oleh Pelabuhan Sorong, Banten, dan Gresik di Command Center Kementerian Perhubungan, Selasa (10/10).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peluncuran Go Live Inaportnet di tiga pelabuhan tersebut berpesan, bahwa aspek lain yang harus dijunjung tinggi adalah komitmen seluruh stakeholder yang terlibat dapat patuh terhadap standar operasional prosedur berlaku.

“Tanpa komitmen kuat dari seluruh pihak, maka aplikasi Inaportnet tidak akan bisa menjadi sistem yang menjadi rujukan utama untuk pelayanan kapal di pelabuhan,” ujarnya.

Keenam belas pelabuhan yang telah mengaplikasikan Inaportnet adalah Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Palembang, Pelabuhan Teluk Bayur, Pelabuhan Panjang, Pelabuhan Pontianak, Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Banten, Pelabuhan Gresik, dan Pelabuhan Sorong.

Inaportnet adalah salah satu program Quick Win Kementerian Perhubungan, harus didukung bersama penerapannya di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia yang telah ditunjuk dan tertuang dalam Peraturan Menteri perhubungan Nomor PM 157 Tahun 2015 tentang Penerapan Inaportnet Untuk Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 192 Tahun 2015.

Untuk diketahui, Inaportnet merupakan sistem informasi layanan tunggal secara elektronik berbasis internet guna mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal dan barang dari seluruh Instansi terkait atau pemangku kepentingan di pelabuhan (termasuk sistem layanan Badan Usaha Pelabuhan).

(Bayu/MN)

About the Author

- Jurnalis Maritimnews.com

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha