Published On: Fri, Sep 22nd, 2017

Hadiri ARF HDUCIM, Unhan Menuju “World Class Defense University”

Rektor Unhan hadiri Pertemuan ARF HDUCIM di Manila, FIlipina

MN, Jakarta – Selama 3 hari berturut-turut mulai 18-20 September 2017, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI DR. I Wayan Midhio, M.Phil. menghadiri ASEAN Regional Forum Head of Defense University, Colleges and Institution Meeting (ARF HDUCIM) di Manila, Filipina.

Forum tahunan tersebut merupakan pertemuan para pimpinan perguruan tinggi pertahanan negara-negara ARF yaitu 10 negara ASEAN ditambah beberapa negara  kawasan dan organisasi internasional. Misalnya seperti Amerika Serikat, Rusia, Cina, Australia, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, Bangladesh, India, Pakistan, Sri Lanka, Mongolia, Kanada, Selandia Baru, Papua New Guinea, Timor Leste, Uni Eropa, dan Sekretariat Asean.

Forum ini diselenggarakan mulai tahun 1997. Pada tahun ini  merupakan forum ke-21 yang dilaksanakan. Tema tahun ini adalah “Defense Diplomacy through Education and Research: Building Confidence, Enhancing engagement”. 

Serangkaian diskusi dilaksanakan dengan tiga topik, yaitu Evolving Regional Security Landscape of the ASPAC. Kemudian, Education and Research as Components of Defense Diplomacy dan To Exchange Views on the Evenues of Cooperation among Defense Universities, Colleges and Institution.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pada forum tersebut, Rektor Unhan yang didampingi Wakil Rektor I Unhan Prof. DR. Ir. Dadang Gunawan, M.Eng. menyampaikan beberapa gagasan baru untuk kemajuan bersama dalam diskusi topik kedua.

Dalam paparannya, Rektor Unhan menyampaikan bagaimana peran Indonesia yang dapat dikembangkan seperti mempromosikan keamanan regional untuk pendidikan dan penelitian bidang pertahanan sekaligus mempromosikan Unhan kepada negara-negara sahabat.

Paparan tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa dari peserta forum. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya tawaran kerjasama dari berbagai universitas pertahanan negara lain untuk menyelenggarakan kerjasama yang lebih konkret.

Menurut Rektor Unhan, kerjasama ke depan juga dimaksudkan sebagai bentuk akreditasi internasional yang harus dicapai Unhan menuju World Class Defense University pada tahun 2024.

(Adit/MN)

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com