Published On: Sat, Jul 14th, 2018

IIDSS 2018 Resmi Ditutup, Jawaban Atas Tantangan Global

IIDSS 2018.

IIDSS 2018.

MN, Jakarta – Indonesia International Defense Science Seminar (IIDSS) ke-2 yang diselenggarakan oleh Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) hari ini memasuki hari kedua seminar, dimana pada Rabu (11/7)  kemaren telah resmi dibuka oleh Menko Polhuma Jenderal TNI (Purn) Dr. Wiranto, S.H mewakili Presiden Joko Widodo,  dengan dihadiri lebih dari 1.300 peserta, bertempat di Grand Mercure, Jakarta. (Kamis, 12/7).

Ajang Indonesia International Defense Science Seminar (IIDSS) 2018 hari kedua menampilkan para pembicara bertaraf internasional, antara lain  Executive Vice President of NDU of the Philippines, BG (Ret) Rolando G. Jungco, Rutgers University Camdem Amerika Serikat Prof. Paul A. Jargowsky, Ph.D., Deputi 3 Bidang Kerjasama Internasional BNPT Irjen Pol. Drs. Hamidin, serta Mayjen TNI (Purn) Djoko Setiadi, M.Si yang mengupas secara tuntas tantangan terorisme dan Separatisme.

Sesi kedua, membahas lebih jauh tentang gagasan dan strategi dalam menanggulangi bencana. Pembahasan ini dibawakan oleh para narasumber yang berkompeten dibidangnya, seperti; Mr. Rafendi Djamin, Direktur kawasan Asia Tenggara dan Pasifik, Prof. Stephen Cameron dari Oxford University, Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo dari Chiba University, Jepang, serta Dr. Gatot Hari Gunawan.

Peperangan media dan informasi menjadi penutup sub tema dalam seminar IIDSS tahun 2018 ini. Dengan pemateri sebagai berikut; Akhyari Hananto, Founder dan Pimpinan Editor GNFI, Prof. Ahmad Ghazali Abu Hasan dari Departemen Pertahanan Strategis (NDU Malaysia), Mr. Yuliardi Sutedja K. dari Indonesia Cyber Security Forum.

Disela-sela seminar, juga dilaksanakan talkshow yang disiarkan secara langsung oleh Radio Republik Indonesia (RRI) dengan narasumber Rektor Unhan, Letjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A, Deputi Bidang III Bidang Kerjasama Internasional BNPT Irjen pol. Drs. Hamidin, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Ir. H. Satya Widya Yudha, ME, M.Sc., Executive Vice President of NDC of the Philipines, Brigjen (Purn) Rolando G. Jungco dan Anggota Dewan Pengawas RRT, Freddy Ndolu.

Talkshow yang disiarkan secara langsung ini membahas terkait penanggulangan terorisme.

IIDSS 2018 ditutup dengan pemaparan hasil seminar oleh Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan, Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD yang juga bertugas sebagai Ketua panitia dalam pelaksanaan IIDSS 2018, beliau juga  mengucapkan rasa terimakasih kepada para narasumber atas keterlibatannya dalam forum akademis ini. Beliau juga berharap, forum ini mampu mendorong  untuk merumuskan solusi, inspirasi, dan ide-ide untuk pembuat kebijakan untuk memperkuat diplomasi pertahanan regional dan global.

Selanjutnya seminar internasional IIDSS ke-2 ini ditutup secara resmi oleh Rektor Unhan, Letjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A, dan dalam sambutannya, Rektor Unhan menyampaikan bahwa agenda ini merupakan salah satu fungsi dari forum akademik untuk menjawab tantangan global. Beliau juga  mengucapakan rasa terimakasih kepada seluruh pembicara, moderator dan juga kepada seluruh peserta IIDSS 2018 yang telah berpartisipasi aktif  dari staf pemerintah, pembuat kebijakan, militer, think tanks, dan mahasiswa yang telah berkontribusi pada seminar ini. Beliau juga mengungkapkan bahwa kesuksesan IIDSS 2018 tidak terlepas dari kontribusi dan kerjasama dari media elektronik, online nasional dan internasional. Diakhir sambutannya, Rektor Unhan mengajak seluruh peserta yang hadir daoat hadir kembali dalam IIDSS ketiga tahun 2019.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com