Published On: Sun, Jun 10th, 2018

JAI Tbk Berhasil Bukukan Laba Bersih Rp 120,4 Miliar

Pemanduan kapal

MN, Jakarta – PT Jasa Armada Indonesia (JAI) Tbk berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 120,4 Miliar untuk tahun buku yang berakhir tahun 2017. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung di Financial Club, CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (6/6) lalu.

Hasil RUPS menyepakati penggunaa laba sebagai deviden sebesar Rp 35,6 miliar. Sedangkan untuk cadangan sebesar Rp 2,4 miliar dan laba ditahan Rp 82,3 miliar.

Di samping itu, RUPS juga melaporkan penggunaan dana hasil penawaran umum Tahun 2017 sesuai dengan peraturan pasal 6 ayat (1) Peraturan OJK No. 30/POJK.04/2015 tentang realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum. Dari keseluruhan dana diperoleh sebesar Rp461,8 miliar, Rp 22,3 miliar telah dikeluarkan untuk IPO, dan dana yang belum digunakan sebesar Rp 439,531 miliar.

“Dana yang belum digunakan tersebut ditempatkan dalam bentuk deposito dan giro pada dua bank BUMN yaitu Bank BTN dan Bank Mandiri masing-masing sebesar Rp250 miliar dan Rp189,53 miliar,” ungkap Direktur JAI, Herman Susilo pasca RUPS tersebut.

Selain menyetujui penggunaan laba, rapat menyepakati pengangkatan Herman Susilo sebagai Direktur JAI.  Pengangkatan terhitung sejak RUPS sampai dengan ditutupnya RUPS Tahunan kelima yang diselenggarakan tahun 2023, dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan pasar modal dan tanpa mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu.

Sebagai catatan, PT JAI atau IPC Marine merupakan anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang bergerak di bidang layanan pemanduan dan penundaan kapal, angkutan laut dan layanan maritim.

Divisi Kepanduan melakukan kegiatan pelayanan pemanduan dan penundaan, mulai beroperasi sejak tahun 1960 sebagai unit usaha Perusahaan Nasional (PN) Pelabuhan. Layanan pemanduan dan penundaan pada tahun 1992 diubah menjadi unit usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

Seiring identitas baru PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) tahun 2012 sebagai IPC (Indonesia Port Corporation), pada bulan Juli 2013 unit usaha layanan pemanduan dan penundaan di-spin-off menjadi PT Jasa Armada Indonesia, yang selanjutnya menjadi perusahaan Terbuka.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com