Published On: Thu, May 31st, 2018

Kaderisasi Menuju World Class Navy, Kodiklatal Buka Dikmapa PK TNI AL ke 25

Dankodiklatal Laksda TNI Darwanto meyalami para Pasis Dikmapa PK TNI AL.

Dankodiklatal Laksda TNI Darwanto meyalami para Pasis Dikmapa PK TNI AL.

MN, Surabaya – Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut resmi dibuka. Pembukaan kegiatan pendidikan tersebut dilakukan langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, di Gedung Betelgeuse Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Rabu, (30/5).

Pembukaan pendidikan tersebut diikuti 80 siswa Dikmapa yang sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan di Akmil Magelang Jawa Tengah. Delapan puluh perwira siswa tersebut terdiri dari 26 orang berasal dari Korps Kesehatan, 29 orang berasal dari Korps Khusus, sembilan orang berasal dari Korps Teknik, sepuluh orang dari Korps Elektronika, dan enam orang dari Korps Suplay.

Dalam sambutanya, Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto turut menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan para siswa menjadi perwira pertama TNI Angkatan Laut dengan pangkat letnan dua.

“Semoga pendidikan dasar keprajuritan yang telah didapatkan di Akmil Magelang mampu mengubah para siswa yang semula berasal dari masyarakat menjadi perwira TNI AL yang memiliki sikap mental dan kepribadian, pengetahuan dan keterampilan, serta kesamaptaan jasmani sesuai dengan postur seorang perwira TNI AL, sehingga mampu menjadi bekal yang berharga dalam menempuh pendidikan dasar golongan lanjutan di Kodiklatal,” ujarnya.

Dankodiklatal menyampaikan bahwa Dikmapa PK TNI Angkatan Laut ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Diawali dengan orientasi dan pembekalan matra laut di Sekolah Fungsi Pusdiklapa selama satu setengah bulan, kemudian dilanjutkan pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik terkait selama empat bulan untuk Korps Teknik, Elektronika, Suplai, dan Korps Khusus. Sedangkan untuk Pasis Korps Kesehatan, pendidikan akan dilaksanakan selama enam bulan.

“Tujuan pendidikan ini sendiri adalah mendidik perwira siswa agar menjadi perwira TNI AL yang memiliki kemampuan profesi, kepemimpinan, dan kesamaptaan jasmani prajurit matra laut yang mampu berpikir, bersikap, dan bertindak sesuai dengan tuntutan fungsi teknis yang diarahkan pada spektrum pekerjaan dalam penugasan awal di kapal maupun di darat, serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI AL masa depan yang profesional, andal, dan disegani dalam mewujudkan organisasi tni al yang berkelas dunia,” tambah perwira tinggi berbintang dua tersebut.

Lebih lanjut, menurut Laskda Darwanto, Dikmapa PK TNI AL ini sejalan dengan kebijakan Panglima TNI dalam rangka mewujudkan konsep trimatra terpadu TNI dengan gelar wilayah satuan di wilayah timur sekitar Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III, Panglima TNI telah meresmikan pembentukan Koarmada III di Sorong Papua, pembentukan divisi-3/Kostrad, Koopsau III, dan Pasmar 3.

Hal ini merupakan keputusan yang sangat tepat dan strategis, khususnya dalam mengantisipasi terjadinya perkembangan lingkungan strategis baik global, regional, maupun dalam negeri. Potensi ancaman di, dan, atau lewat laut berupa illegal fishing, illegal entry, illegal loging, illegal mining, pelanggaran wilayah dapat terjadi setiap saat.

Oleh karena itu, perubahan manajemen wilayah pertahanan dalam bentuk pembentukan Komando Armada RI III di Sorong beserta dengan gelar kekuatannya sangat tepat untuk siap sedia, setiap saat melaksanakan tugas pengamanan dan penegakan hukum di perairan Wilayah Timur Indonesia.

Keberadaan Koarmada III menjadi kekuatan yang dapat memberikan deterrent effect terhadap kekuatan musuh yang berpotensi datang melalui poros Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III tersebut.

“Perwira muda saat ini, tidak cukup hanya sekedar tahu lingkungan penugasannya, namun juga harus mengikuti perkembangan lingkungan strategis yang dinamis dan sulit diprediksi, situasi kondisi nasional terkait perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan, sehingga cepat memahami dan beradaptasi untuk menjawab kecen-derungan yang terjadi,” tukasnya.

Sebagai lulusan yang berasal dari perguruan tinggi, dirinya percaya, ke depan para siswa  mampu menjadi perwira  TNI AL yang dapat diandalkan dalam mengemban setiap tugas negara, asalkan para siswa tersebut memiliki jiwa profesionalisme yang tinggi, yaitu prajurit yang mampu mengawaki alutsista dan mempunyai keinginan yang kuat untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati struktur ideal, mempunyai keinginan untuk meningkatkan dan memelihara citra profesinya, serta keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan mengembangkan kemampuan pribadi yang dapat memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilan guna mendukung pelaksanaan tugas.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com