Published On: Fri, Jun 9th, 2017

Kapal Bakamla RI sambut Kapal Coast Guard Vietnam saat proses Repatriasi di Batam

KN Belut Laut 4806 menyambut kapal Vietnam Caost Guard

MN, Batam – KN Belut Laut 4806 Bakamla RI menyambut kehadiran  kapal Vietnam Coast Guard (VCG) yang datang menjemput 695 Anak Buah Kapal (ABK) Vietnam, di Perairan Batam,  Kepulauan Riau, Jumat (9/6/2017).

Proses serah terima seluruh ABK kapal Vietnam tersebut  dilaksanakan di laut (dari kapal ke kapal), yakni dari  kapal PSDKP ke kapal Vietnam CG, yang sebelumnya didahului dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Awak Kapal Non Justitia warga negara Vietnam oleh Dirjen PSDKP Eko Jalmo Asmadi kepada Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Dr. Hoang Anh Tuan dan dilanjutkan dengan pelepasan ABK Vietnam Non Justitia secara simbolis di Pangkalan PSDKP Batam.  Dalam kegiatan itu dihadiri pula oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Arie Soedewo, S.E., M.H.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Bakamla RI ini mengatakan bahwa terlaksananya kegiatan repatriasi awak kapal Vietnam ini, sebelumnya juga telah didahului dengan keberhasilan Pemulangan Gunawan Wibisono dari Vietnam ke Indonesia.

“Melalui komunikasi yang intensif dan hubungan baik antara Bakamla dengan Coast guard negara Vietnam, serta dibantu pula oleh Kementerian Luar Negeri dan PSDKP-KKP, proses pemulangan saudara Gunawan Wibisono berjalan dengan lancar,” terang Arie..

Para tahanan yang dipulangkan tersebut merupakan ABK kapal pencuri ikan yang hanya berstatus sebagai saksi atau tidak memiliki status (non tersangka dan non saksi), karena dalam proses hukum tindak pidana perikanan yang ditetapkan tersangka adalah Nakhoda dan Kepala Kamar Mesin (KKM), demikian disampaikan oleh Dirjen PSDKP dalam siaran pers (9/6).

Usai pelepasan awak kapal non justitia warga negara Vietnam secara simbolis, seluruh ABK Vietnam menaiki kapal Orca milik PSDKP  dengan dikawal oleh KN Belut Laut 4806 Bakamla RI. Selanjutnya seluruh ABK diserahterimakan dari kapal Orca ke  armada kapal Vietnam CG yang terdiri dari 3 kapal yaitu kapal 8001, 8005 dan 4039.

Sebagai lembaga yang selama ini telah menjalankan peran coast guard di Indonesia, maka Bakamla RI turut serta mendukung pengamanan dalam proses pengembalian ABK Vietnam tersebut. Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya terkait dengan pembebasan Gunawan, mualim II KP Hiu Macan 01 yang telah ditahan oleh kapal VCG.

Menurut Satya, Kasubdit Kerjasama Luar Negeri, Bakamla RI telah menjembatani akses kedutaan Indonesia dengan Vietnam Coast Guard dalam proses pembebasan Gunawan.

Oleh karena itu, kehadiran KN Belut Laut yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Hadi Safrudin, S.E.,S.T. merupakan upaya untuk mengamankan, mengawal, dan memperlancar jalannya proses pengembalian seluruh ABK Vietnam yang telah menjadi keputusan pemerintah Indonesia.

Seusai proses serah terima seluruh ABK Vietnam dari kapal PSDKP ke kapal VCG, KN Belut Laut 4806 meneruskan perjalanannya kembali melakukan tugas patroli rutin di wilayah perairan Indonesia.
(Adit/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha