Published On: Thu, Sep 28th, 2017

Kartika Jala Krida, Pelayaran Perdana KRI Bima Suci

Kartika Jala Krida 2017.

Kartika Jala Krida 2017.

MN, Surabaya – Dalam salah satu suasana pagi yang cerah di atas kapal KRI Bima Suci, Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji mengambil apel pagi pada hari Senin tanggal 25 September 2017 yang diikuti seluruh personil KRI Bima Suci serta Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang ikut dalam Pelayaran Kartika Jala Krida tahun 2017.

Komandan pun menginstrusikan bahwa akan dilaksanakan Peran Buka Layar yang dilaksanakan pertama kalinya pada pelayarayan KJK tahun ini.

Harapannya, peran layar perdana ini menjadi momentum yang baik untuk memastikan kesiapan seluruh ABK dan Taruna yang  telah berlatih dan mengingat bahwa kapal ini merupakan kapal yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh elemen masyarakat dan bangsa Indonesia, maka seluruh personel diharapkan mengutamakan “zero accident” dalam setiap tugas, serta setiap tugas yang  dikerjakan dapat berjalan dengan lancar tanpa terjadi kesalahan ataupun kecelakaan.

Peran layar yang dilaksanakan perdana ini, merupakan rangkaian kegiatan pelayaran dari Vigo Spanyol menuju Chivitavecchia, Roma Italy, setelah sebelumnya melaksanakan pelayaran tujuh hari dengan menempuh jarak sejauh 1.399 Nautical Miles dari Spanyol ke Italia.

Dalam pelayaran ini, seluruh ABK KRI Bima Suci dan Seluruh Taruna AAL yang melaksanakan tugas membawa KRI Bima Suci ke Indonesia diharapkan dapat mempelajari bagaimana cara mengembangkan layar serta bagaimana memahami penangkapan arah angin untuk kelancaran dalam pelayaran KRI Bima Suci.

Kegiatan ini berlangsung pada pagi hari pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 waktu Italia. Selanjutnya, kapal tetap melaju dengan memanfaatkan kekuatan angin yang diterima oleh layar dan membantu kapal bergerak sesuai jalur yang telah direncanakan.

Sore harinya pada pukul 17.00 waktu setempat, para ABK bersama dengan para taruna melaksanakan peran Turun Layar untuk menurunkan layar yang telah terbentang dan memastikan keseluruhan pelayaran Kartika Jala Krida 2017 tetap berjalan aman dan lancar.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha