Published On: Thu, Aug 17th, 2017

Kemenko Maritim Peringati Kemerdekaan Indonesia ke-72 Bersama Masyarakat Pulau Seribu

Menko Maritim Luhut Pandjaitan

MN, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman merayakan kemerdekaan Indonesia bersama masyarakat kepulauan Seribu. Pulau Pramuka menjadi lokasi puncak peringatan kemerdekaan Indonesia oleh Kemenko Maritim dan kementerian-kementerian teknis yang berada di bawah koordinasinya. Kabupaten Kepulauan Seribu yang berada di gerbang laut Jakarta telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan setelah ditahbiskan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Pulau Pramuka sebagai pusat administratif Kabupaten Kepulauan Seribu juga memiliki potensi wisata bahari menarik baik di darat maupun di bawah laut.

Kemenko Maritim memilih pulau pramuka sebagai pusat peringatan kemerdekaan bukan tanpa alasan, seperti yang dijabarkan Ketua Panitia TB Haeru menjelaskan bahwa Kemenko Maritim ingin merayakan kemerdekaan bersama masyarakat maritim.

“Kepulauan Seribu dipilih bukan saja karena sudah jadi KSPN, melainkan karena Kepulauan Seribu adalah miniatur Indonesia. Gugusan pulau-pulau di gerbang ibukota di mana Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Budaya maritim sudah menjadi gaya hidup masyarakat pulau. Kami senang sekali dapat merayakan kemerdekan bersama-sama warga pulau Seribu”” jelasnya.

Lebih lanjut, TB Haeru pun mengakui meskipun lokasi Kep.Seribu relatif dekat dengan ibukota tapi pelayanan publiknya masih bisa ditingkatkan lagi. “Banyak yg perlu jadi perhatian kita disini, kebersihan, transportasi antar moda, kesehatan, pendidikan, dan pengelolaan sampah. Jangan sampai sedekat ini dengan Jakarta, tapi lebih ketinggalan dibanding darat”, lanjutnya.

Sebelumnya, saat rapat persiapan dengan tim survei Kemenko Maritim, Bupati kep.Seribu Irmansyah menyatakan kegembiraannya atas rencana perayaan bersama ini. “Kepulauan Seribu ini memiliki potensi luar biasa. Baik untuk wisata dengan memperhatikan daya dukung pulau, agar kelestarian pulau tetap terjaga. Pertanian sayur, vegetasi sukun asli pulau seribu yang dapat diolah menjadi berbagai sajian khas pulau.”, terangnya.

Bupati Irmansyah juga memaparkan produk-produk hasil perikanan berupa teri nasi dari pulau Seribu jauh lebih lezat dibanding daerah lain. “Ini bukan promosi, tapi memang lezat. Nanti untuk 17-an kita akan buka booth produksi daerah, agar pengunjung dapat menikmati.”, lanjutnya.

Untuk vegetasi alami di sini ada sukun botak dan sukun duri. Penyajiannya diiris kecil2 digoreng lalu dinikmati hangat-hangat dengan kopi panas, sambil melihat matahari terbenam..dijamin pasti akan terasa sampai dihati” Tuturnya, “Semoga nanti kembali untuk berwisata. Disini ada pulau-pulau resort seperti Tidung dan Pulau Macan. Ada juga yang berpenghuni seperti Harapan, Panggang, Karya, dan Pramuka. Banyak spot diving bagus bagi yang suka menyelam.”, tambahnya.

Jajaran kemenko maritim telah hadir di pulau pramuka sejak tanggal 16 Agustus 2017, untuk bersama-sama mengikuti kegiatan tasyakuran warga dan renungan kemerdekaan. Pada tanggal 17 Agustus 2017 dalam upacara bendera , Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan bertindak sebagai inspektur upacara, dilanjutkan tabur bunga di laut dan berbagai lomba khas warga pulau pramuka.

Anugrah/MN

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha