Published On: Sat, Aug 4th, 2018

KM Satya Kencana IX Terbakar, 197 Penumpang dan 32 ABK Selamat

Suasana di pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu malam (4/8)

MN, Banjarmasin – Kapal Motor (KM) Satya Kencana IX yang berlayar dari Pelabuhan Surabaya menuju pelabuhan Trisakti Banjarmasin dengan 198 penumpang dan 32 awak kapal mengalami musibah terbakar saat berada dalam perjalanan di koordinat 04-43.67 LS/ 113-57.81 BT, sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan, pada Sabtu (4/8) sekitar pukul 05.35 dini hari.

Dilaporkan, 197 penumpang dan 32 anak buah kapal (ABK) selamat serta 1 penumpang meninggal dunia dari kapal KM Satya Kencana IX telah tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan Sabtu malam (4/8) sekitar pukul 20.10 WITA setelah berhasil dievakuasi dengan kapal KM Niki Sae dan KM Kumala.

“Petugas medis, ambulance serta petugas KSOP Banjarmasin dan unsur terkait disiapkan di Pelabuhan Trisakti untuk membantu para penumpang kapal yang mengalami luka-luka untuk diantar ke Rumah Sakit terdekat guna penanganan lebih lanjut,” jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut, Junaidi, Sabtu malam (4/8).

Junaidi menegaskan, bahwa petugas KSOP Banjarmasin telah melakukan pendataan ulang terhadap para penumpang kapal KM Satya Kencana IX guna memastikan tidak ada lagi penumpang yang belum dievakuasi.

Sementara 2 (dua) kapal Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yakni KN Altair milik Disnav Banjarmasin dan KNP 363 milik KSOP Banjarmasin, terus disiagakan di lokasi terjadinya musibah terbakarnya Kapal KM. Satya Kencana IX di perairan Tanjung Selatan Kalimantan Selatan.

“Saat ini Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi sudah meluncur ke lokasi kejadian guna melakukan investigasi penyebab terbakarnya kapal KM Satya Kencana IX,” pungkasnya.

Untuk diketahui, KM Satya Kencana IX saat berlayar dan terbakar disekitar perairan 54 mil barat daya Tanjung Selatan dinakhodai oleh Sucipto Utomo, merupakan kapal jenis Ro-Ro milik PT Dharma Lautan Utama yang memiliki berat GT 11.657 membawa 198 orang penumpang dan 32 orang ABK.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com