Published On: Sat, Feb 11th, 2017

KN Pengiki Resmi Beroperasi di Disnav Kelas III Pontianak

Dirjen Hubla Tonny Budiono meresmikan pengoperasian KN Pengiki di Disnav Kelas III Pontianak

MNOL, Pontianak – Kapal Pengamat Perambuan KN. Pengiki buatan Galangan Kapal PT. Multi Prima Batam resmi beroperasi untuk mendukung tugas kenavigasian pada Distrik Navigasi Kelas III Pontianak. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan pemecahan kendi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM bertempat di Kantor Distrik Navigasi Kelas III Pontianak, Sabtu (11/2).

“Seiring dengan meningkatnya kegiatan pelayaran di wilayah perairan Pontianak, penyelenggaraan kegiatan kenavigasian menjadi faktor sangat penting yang dibutuhkan demi menunjang kelancaran transportasi laut dan sungai,” kata Dirjen Hubla dalam sambutannya.

Menurut Dirjen Tonny, Distrik Navigasi Kelas III Pontianak memiliki tugas untuk menjamin alur pelayaran di wilayah perairan Pontianak dan sekitarnya agar dapat dilayari kapal-kapal dengan aman, sehingga pelayanan terhadap pengguna jasa pelayaran dapat terwujud sesuai standar dan ketentuan yang berlaku.

Dirjen Hubla juga memberikan apresiasi kepada seluruh keluarga besar Direktorat Kenavigasian khususnya kepada para pegawai yang ditugaskan pada wilayah-wilayah terpencil dan bagi seluruh kru Kapal Negara Kenavigasian yang telah bekerja keras menjaga tingkat keandalan seluruh alat Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP).

“Tugas para petugas kenavigasian sangatlah mulia meski harus menghadapi tantangan ombak yang ganas, tetapi tetap menjalankan tugas dengan baik agar jalur pelayaran pada wilayah perairan Indonesia tetap aman dan selamat,” tambah Tonny.

Lebih lanjut Dirjen Hubla berpesan kepada seluruh UPT Distrik Navigasi agar jangan hanya berfokus pada pengadaan alat-alat atau armada kapal tetapi juga pada pemeliharaan dan pengawasan yang harus diperhatikan, semuanya demi keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Pastikan agar seluruh sarana dan prasarana navigasi berfungsi dengan baik untuk dapat meningkatkan kinerja kenavigasian, terutama dalam melakukan pengawasan, penjagaan, dan pemeliharaan SBNP,” tegas Tonny.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kenavigasian, Ir. Bambang Wiyanto, MM menyebutkan saat ini Distrik Navigasi Kelas III Pontianak memiliki 4 (empat) unit armada Kapal Negara Kenavigasian, yang terdiri dari 1 (satu) unit kapal Kelas I yaitu KN. Alnilam, 2 (dua) unit kapal kelas III yaitu KN. AE-012 dan KN. Pengiki, serta 1 (satu) unit kapal Kelas V yaitu KN. Datu.
“Dengan hadirnya KN. Pengiki sebagai Kapal Pengamat Perambuan diharapkan akan semakin memperkuat peran armada kenavigasian yang dimiliki oleh Disnav Kelas III Pontianak,” pungkas Bambang. (Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha