Published On: Wed, Dec 7th, 2016

Koarmabar Gagalkan Penyelundupan 37 Orang Ke Malaysia

Tim WFQR-4/Unit 1 Jatanrasla menggagalkan upaya penyeludupan 37 orang ke Malaysia, Selasa (6/11).

Tim WFQR-4/Unit 1 Jatanrasla menggagalkan upaya penyeludupan 37 orang ke Malaysia, Selasa (6/11).

MNOL – Jakarta, Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melalui Tim Western Fleet Quick Response (WFQR)-4 Unit-1/Jatanrasla (Kejahatan dan Kekerasan di laut) Lantamal IV Tanjungpinang berhasil menggagalkan upaya penyeludupan  37 orang ke Malaysia, Selasa (6/11).

Penangkapan berawal saat  Tim WFQR-4 Unit-1/Jatanrasla yang sedang melaksanakan patroli di perairan Teluk Jodoh Batam menangkap 3 buah speed boat pancung dengan masing-masing speed boat bermesing 150 PK dari pelabuhan tikus Tanjung Uma Batam di perairan Teluk Jodoh Batam, yang akan menyeludupkan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ilegal ke wilayah Malaysia.

Saat diperiksa para Nakhoda ketiga speed boat pancung tersebut tidak memiliki dokumen serta para tenaga kerja illegal tersebut akan ke OPL Malaysia tidak dilengkapi dengan dokumen Paspor.

Otak pelaku sindikat penyeludupan manusia ini adalah warga Negara Malaysia dan Singapura dengan modus boat pancung yang akan membawa TKI ilegal tersebut akan dijemput oleh kapal di perairan Malaysia, disamping itu Tim WFQR-4 melakukan koordinasi dengan  Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) dan Police Coast Guard (PCG) Singapura untuk membongkar sindikat penyeludupan manusia ini.

Saat ini Tim WFQR-4/Unit 1 Jatanrasla mengamankan 40 orang dengan keterangan 37 orang tertangkap di laut dan 3 orang menyerahkan diri, sarana apung berupa 4 buah speed boat pancung masing-masing bermesin 75 PK, di dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com