Published On: Fri, Jun 22nd, 2018

Koarmada I Turunkan 2 Tim Kopaska Untuk Bantu SAR di Danau Toba

Koarmada I Turunkan 2 Tim Kopaska Untuk Bantu SAR Di Danau Toba

MN, Jakarta – Pencarian Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun masih terus dilakukan. Komando Armada I atau Koarmada I ikut diterjunkan. Selain menurunkan tim dari prajurit Lantamal I Belawan, Koarmada I juga menurunkan 2 Tim Kopaska yang berjumlah 15 Personel. Tim Lantamal I Belawan dan Satkopaska Koarmada I ini langsung bergabung bersama Tim dari TNI AL lainnya yaitu dari Prajurit  Taifib Kormar pada Kamis pagi (21/6).

Dalam membantu pelaksanaan SAR tenggelamnya KM Sinar Bangun di danau Toba,  Koarmada I yang terdiri dari Prajurit Lantamal I Belawan dan 2 Tim Kopaska bersama-sama dengan Tim SAR gabungan lainnya antara lain tim gabungan TNI-Polri,  Tim Basarnas dan tim Dirjen Perhubungan langsung menyisir kawasan yang diduga menjadi lokasi tenggelamnya kapal  hingga menyusuri tepi danau dengan menggunakan Sea Rider.  Penyelaman juga dilaksanakan oleh Tim Penyelam Taifib, Basarnas dan Penyelam Lantamal I dengan memasang marker di tempat tenggelamnya KM. Sinar bangun.

“Selain menurunkan tim dari prajurit Lantamal I Belawan, Koarmada I juga menurunkan 2 tim Kopaska yang berjumlah 15 personel,” kata Kepala Dispenarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho dalam keterangannya.

Letkol Laut (P) Agung Nugroho juga menambahkan bahwa kegiatan SAR yang dilakukan oleh Koarmada I dengab dukungan 2 unit Sekoci Karet, 2 unit Motor Tempel 40 PK, 1 unit Sea Rider, 3 orang Perlengkapan peralatan selam serta 1 unit Ambulance beserta Tim Kesehatan.

Selanjutnya,  pada Kamis pagi (21/06), Pangkoarmada I mendampingi Panglima TNI beserta Kapolri dan Kasal  meninjau secara langsung kesiapan dari tim SAR Gabungan TNI-Polri dan unsur Basarnas. Dalam peninjauannya,  Panglima TNI beserta rombongan menerima paparan dari Danlantamal I Belawan Laksma TNI Ali Triswanto terkait pelaksanaan SAR yang telah dilakukan oleh Tim Lantamal I belawan dan prajurit Taifib. Dimana penyelaman yang dilakukan oleh tim gabungan hingga saat ini tidak mampu mencapai perkiraan kedalaman kapal tenggelam tersebut dikarenakan kedalaman berdasarkan hasil sounding perkiraan mencapai kedalaman 400 meter lebih serta adanya faktor arus yang sangat kuat.

Kegiatan penyelaman akan dilanjutkan esok hari (Jumat,  22/06) dimana tim penyelam TNI AL yang dipimpin oleh Dansatpaska Koarmada I Letkol Laut (P)  Johan Wahyudi menjelaskan bahwa pelaksanaan SAR oleh timnya akan menyisir perairan Danau Toba khususnya rute pelayaran pelabuhan Tiga Ras Simalungun dan Pelabuhan Simanindo Samosir dengan menggunakan  2 Unit Sea Rider dan 3 Unit Sekoci karet.

“Penyelaman juga dilaksanakan oleh Tim Penyelam Taifib, Basarnas dan Penyelam Lantamal I dengan memasang marker di tempat tenggelamnya KM Sinar bangun,” tegas Agung. (net/hsn)

About the Author

- “Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.”

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com