Published On: Thu, Jun 21st, 2018

Koarmada II Selalu Waspada Jaga Perairan Indonesia

Danguskamla saat memberikan pengarahan kepada personel KRI Terapang (TRG)-648.

Danguskamla saat memberikan pengarahan kepada personel KRI Terapang (TRG)-648.

MN, Surabaya – Setelah melaksanakan Patroli Udara menggunakan pesawat Cassa U-6206 di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III, Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada II Kolonel Laut (P) Kisdiyanto menyempatkan diri mengunjungi KRI Terapang (TRG)-648 dan Lanal Gorontalo pada Kamis (19/6).

KRI TRG-648 yang tengah melaksanakan Operasi Petir Mandau – 18 tersebut, saati tu sedang melaksanakan Tapkonis dan Bekal Ulang Logistik Cair di Pelabuhan Pelindo Gorontalo.

Tiba di Bandar Udara Jalaludin, Danguskamla Koarmada II disambut oleh Komandan Lanal Gorontalo Letkol Laut (P) Tony Sundah dan Komandan KRI Terapang- 648 Letkol Laut (P) Yohanes Berchmans.

Danguskamla Koarmada II menggunakan KRI Pesud U-6206 yang sedang melaksanakan Bekal Ulang Logistik Cair untuk mengunjungi dan meninjau kesiapan unsur dan pangkalan guna mendukung pelaksanaan operasi TNI AL di Gorontalo.

KRI Terapang-648 sendiri sudah melaksanakan Operasi Petir Mandau-18 sejak tanggal 1 Juni 2018.

Di atas kapal perang yang berada di bawah jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II tersebut, seluruh prajurit KRI mendapatkan arahan khusus dari Danguskamla yang menyamapaikan kepada seluruh personel yang melaksanakan jaga agar meningkatkan awarness penjagaan, selalu fokus dalam melaksanakan penjagaan, baik yang berada di anjungan maupun jaga di mesin.

Ia juga menekankan kepada seluruh personel untuk selalu melaksanakan ronda keliling setiap jam untuk melihat kondisi ruangan dan peralatan yang operasional yang ada di atas kapal.

Selain itu, Danguskamla juga berpesan agar seluruh personel harus konsentrasi dan tetap waspada terhadap perubahan, serta yang tidak kalah penting adalah masing-masing personel tahu tugas dan tanggung jawabnya.

“Operasi Petir Mandau-18 adalah Operasi Keamanan Laut di ALKI, sehingga unsur yang bertugas harus melaksanakan patroli dengan sebaik-baiknya. Berikan hal yang terbaik demi nama baik TNI AL dan bhakti kepada NKRI. Seluruh personel juga diharapkan untuk menjaga kondisi teknis kapal dan jangan mengambil risiko yang berbahaya. Karena keselamatan personel dan materil adalah yang utama atau safety is paramount,” ungkapnya.

Setelah memberikan pengarahan ke seluruh prajurit KRI Terapang 648, Danguskamla Koarmada II menuju Lanal Gorontalo untuk meninjau sarana dan prasarana dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas TNI AL.

Adapun sarana yang baru saja selesai dibangun adalah Perumahan Perwira dan Rusunawa untuk prajurit Lanal. Pembangunan Rusunawa untuk prajurit ini adalah wujud kerjasama TNI AL dengan Kementrian PUPR.

Setelah kunjungan ke KRI dan Lanal, Danguskamla Koarmada II kembali ke Bandara Jalaludin untuk melanjutkan patroli menggunakan Cassa U-6206.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com