Published On: Tue, Nov 7th, 2017

Komandan Satgas Sosialisasikan MNEK 2018

Danguspurlatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr (Han)., selaku Komandan Satgas melaksanakan sosialisasi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 yang berlangsung di Kementerian Pariwisata, Jum'at (3/11)

Danguspurlatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr (Han)., selaku Komandan Satgas melaksanakan sosialisasi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 yang berlangsung di Kementerian Pariwisata, Jum’at (3/11)

MN, Surabaya – Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Timur (Danguspurlatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr (Han)., selaku Komandan Satgas melaksanakan sosialisasi Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 yang berlangsung di Kementerian Pariwisata dan diterima oleh Deputi Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Dra. Esthy Reka Astuti, M.Si di Ruang Rapat Kementrian Pariwisata,Jakarta. Jumat (03/11).

Mengawali kegiatan sosialisasi dan audiensi MNEK 2018, dilakukan dengan pemutaran filler singkat tentang MNE Komodo yang sudah terlaksana sebelumnya. Asops Satgas Kolonel Laut (P) Antonius Widiyo Utomo juga memaparkan MNEK Komodo 2018 merupakan kegiatan dua tahunan yang diselenggarakan TNI AL dan melibatkan kapal perang, pesawat udara, helikopter, serta delegasi AL negara sahabat.

Kegiatan MNEK 2016 sebelumnya yang berlangsung di Padang dengan kegiatan yang diantaranya adalah Latihan Harbour Phase, Latihan Sea Phase, Gala Dinner, Kirab Kota, Pembangunan Monumen, Karya Bhakti/Encap, Bhakti Kesehatan, City Tour, program kuliner dengan perlombaan memasak, serta pelayaran kebangsaan untuk meningkatkan potensi maritim kepada siswa dan siswi sekolah.

Diharapkan MNEK 2018 mendatang, yang rencananya akan melibatkan 43 negara, 60 kapal perang, 15 pesawat udara dan helikopter, serta 120 delegasi asing.

Deputi Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Dra. Esthy Reka Astuti, M.Si, memminta perincian yang lebih detail tentang target yang akan dicapai dalam kegiatan tersebut. Sehingga Kementerian Pariwisata bisa menentukan kerja sama dan sinergi yang efektif dalam mendukung kegiatan MNE Komodo 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Beberapa program yang bisa dikolaborasikan diantaranya Halal Food Festival, Khasanah Ramadan, Sadar Wisata, dan Festival Tambora. Untuk lebih memasyarakatkan kegiatan Komodo juga bisa dari kalangan industri wisata sehingga akan ada paket wisata yang melibatkan wisatawan untuk bergabung acara Komodo 2018.

Di akhir acara, Danguspurlatim mewakili TNI Angkatan Laut memberikan cinderamata berupa plakat dan maskot boneka Komodo 2018 kepada Dra. Esthy Reka Astuti sebagai perwakilan dari Kementrian Pariwisata.

Turut hadir dalam acara sosialisasi ini, Letkol Laut (P) Agustinus Joko, Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, Kabid Promosi Wisata Bahari Ibu Florida Pardosi, dan Kabid Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Kementrian Pariwisata Ibu Trindiana. M Tikupasang.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha