Published On: Sun, Nov 26th, 2017

KPLP Berhasil Evakuasi Penumpang Kapal Jet Liner yang Kandas

Proses evakuasi Kapal KFC Jet Liner oleh para petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari.

Proses evakuasi Kapal KFC Jet Liner oleh para petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari.

MN, Kendari – Seluruh penumpang Kapal KFC Jet Liner yang kandas pada hari Kamis (23/11) dipastikan selamat dan berhasil dievakuasi oleh para petugas Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari.

Kapal KFC Jet Liner rute Raha tujuan Kendari kandas pada pukul 16.55 WITA pada posisi 03.58.473 LS 22.35.211 BT. Kepala KSOP Kendari, M. Israyadi membenarkan kejadian tersebut dan telah melaporkan langsung kepada Dirjen Perhubungan Laut.

Menurut Israyadi, kapal KFC JET LINER berbendera Indonesia dengan ukuran Kapal GT 4.563 GT merupakan Kapal  Roro yang dinahkodai oleh Capt. Herman Obrein.

“Kapal milik PT. Pelni tersebut mengangkut 181 Orang Penumpang dan ABK berjumlah 36 Orang,” ujar Israyadi.

Adapun kapal tersebut kandas pukul 16.55 WITA dan menabrak Kantor lama KPLP yang berada di Kota Lama Kendari Kelurahan Kandai Kecamatan Kendari Timur.

“Pada jam 17.10 WITA, kapal patroli KPLP KNP. 370 dan KNP. 50014 langsung melakukan evakuasi penumpang sebanyak  181 orang dalam keadaan selamat dan seluruh evakuasi selesai pada jam 19.30 WITA,” kata Israyadi.

Lebih lanjut, Israyadi menyampaikan bahwa pihaknya langsung berkoordinasi dengan Basarnas, Polres Kendari, Polair Polda Kendari, dan Polsek Kawasan Pelabuhan untuk membantu proses evakuasi serta menyiapkan posko penanganan musibah kandasnya kapal Jet Liner di KSOP Kendari.

Akibat kandasnya kapal tersebut, haluan lambung kapal Jet Liner yang dimaksud mengalami kerusakan dan tergores akibat benturan dengan bangunan. “Selain itu, bangunan Kantor lama KPLP mengalami rusak berat,” lanjut Israyadi.

Untuk mencari penyebab kecelakaan itu sendiri, dipercayakan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan investigasi kandasnya kapal tersebut.

“Kami fokus pada evakuasi penumpang dan penanganan kecelakaan. Untuk penyebab kecelakaan yang mengakibatkan kandasnya kapal dimaksud, sepenuhnya diserahkan ke KNKT. Saat ini, dua orang tim KNKT sedang dalam perjalanan menuju Kendari,” kata Israyadi.

Jum’at pagi (24/11) pukul 03.00 WITA, kapal KFC Jet Liner yang dimaksud berhasil dikeluarkan dari lokasi kandasnya oleh kapal Tug Boat Semar.

“Kapal sudah berlabuh di Teluk Kendari dan saat ini sedang dilakukan survey underwater oleh tim teknis PT. Pelni serta diawasi langsung oleh Marine Inspector KSOP Kendari,” tutup Israyadi.

About the Author

-

Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha