Published On: Wed, Jan 10th, 2018

KRI BAC-593 Laksanakan Helly Deck Party di Perairan Selat Bali

KRI Banda Aceh-593

MN, Bali – KRI Banda Aceh (BAC)-593 yang merupakan salah satu Kapal Perang di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta,  melaksanakan helly deck party oleh Anak Buah kapal (ABK) KRI Banda Aceh- 593 di Perairan Selat Badung, Bali Selasa (10/1). Keberadaan KRI Banda Aceh 593 ini untuk mendukung kegiatan Penyematan Brevet Hiu Kencana di KRI Nagapasa 403.

Menurut Komandan KRI BAC-593 Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H. pelaksanaan helly deck party yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan bagian dari kegiatan Penyematan Brevet Hiu Kencana di Benoa, Bali. KRI Banda Aceh 593 mendapatkan tugas sebagai transit heli jika dalam pelaksanaannya ada emergency atau keadaan darurat. Pada pelaksanaannya ada 2 helly jenis bell-412 HU-420 dan Helly Bolcow BO-105 NV-411 yg on board di KRI Banda Aceh 593.

Lebih lanjut Komandan KRI BAC-593 mengatakan helly deck party ini dilaksanakan langsung oleh ABK-nya yang juga melibatkan prajurit Kowalnya sebagai Flying Deck Officer (FDO) yaitu perwira dan Marseler yang membantu adalah bintaranyasekaligus menunjukan kemampuan kowal yang bisa sejajar dengan prajurit prianya.

Selain untuk menunjukan bahwa prajurit KRI Banda Aceh 593 selalu siap untuk melaksanakan tugas dengan bekal skill dan keterampilan yang telah dilatihkan juga sebagai professionalisme dalam melaksanakan peran Helly pada setiap pelaksanaan tugas operasional.

Sementara itu, acara penyematan brevet Hiu kencana di KRI Nagapasa 403 yang menyelam pada kedalaman 30 meter ini, diberikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kasad Jenderal TNI Mulyono, Menteri Luar negeri Retno Marsudi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Penyematan ini merupakan penghormatan sebagai Warga Kehormatan Kapal Selam TNI AL. Brevet Hiu Kencana memiliki arti khusus. Brevet yang melekat di setiap dada personel merupakan perlambang dari semangat juang, pantang menyerah, dan dedikasi untuk selalu mengabdi kepada bangsa dan negara.

(Anug/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha