Published On: Sat, Nov 4th, 2017

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Rampung, Program ToT Berjalan Lancar

Serah terima KRI KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan juga termasuk ToT di dalamnya yang berlangsung di Gedung PIP PT. PAL (Persero) Surabaya, Senin (30/10).

Serah terima KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan juga termasuk ToT di dalamnya yang berlangsung di Gedung PIP PT. PAL (Persero) Surabaya, Senin (30/10).

MN, Surabaya – PT. PAL (Persero) berhasil menyelesaikan pembangunan KRI I Gusti Ngurah Rai-332. Kapal berjenis Kapal Perusak Kawal tersebut diserahterimakan dari PT. PAL kepada Kementerian Pertahanan RI dan diterima langsung oleh Menhan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, bertempat di Gedung PIP PT. PAL (Persero) Surabaya, Senin (30/10).

Pembangunan kapal yang nantinya akan dikomandani Kolonel Laut (P) Endra Hartono ini merupakan program ToT yang menyerap kurang lebih 200 Insinyur PT.

PAL Indonesia mengajak para ahli dari berbagai disiplin ke ilmuan, dimana sebanyak 75 orang diantaranya telah dididik di Damen Schelde – Vlisingen Belanda. Selain TOT itu, PT PAL pun berbenah diri dengan melakukan peningkatan kapasitas produksi sesuai persyaratan untuk kesuksesan pembangunan PKR kedua setelah PKR pertama yaitu KRI Raden Eddy Martadinata-331.

Melalui alih teknologi sesuai dengan amanat dalam Undang-Undang 16 Tahun 2012 tentang industri pertahanan dan keputusan KKIP No. KEP/12/KKIP/XII/2013 tentang Lead Integrator Alutsista Matra Laut.

Joint Production proyek pengadaan kapal perang secara lengkap, baik bangunan kapal dan Integrated Weapon System ini menjadi momentum kemandirian Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).

Sebagai industri strategis matra laut, PT. PAL Indonesia (Persero) dengan bangga mewujudkan keunggulan kapal ini dan siap mewujudkan kerja kontribusi nyata dalam menjalankan tugas negara untuk mempertahankan kedaulatan bangsa dalam bingkai NKRI yang kita cintai.

Acara serah terima PKR kedua ini diawali dengan laporan Komandan Satgas Yekda PKR kedua yaitu Laksma TNI Rivai, dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima Kapal PKR kedua dari Managing Director DSNS Mr. Heijn Van Ameijden kepada Kabaranahan Mayjen TNI Heros Paduppai, dan dari Kabaranahan kepada Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang NR, dari Aslog Panglima TNI kepada Aslog Kasal, dan terakhir Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P., menyerahkan kepada Aslog Pangarmatim Kolonel Laut (T) Teguh Sugiono, S.E.,

Kegiatan serah terima tersebut disaksikan oleh Menhan RI, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, dan Direktur Utama PT. PAL Budiman Saleh.

Selanjutnya, dilakukan peresmian nama kapal yang ditandai penekanan tombol sirine dan penaikan bendera merah putih bersamaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta berkibarnya ular-ular perang di tiang gafel. Sebelum mengakhiri acara dilaksanakan upacara peresmian dan pengukuhan jabatan Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dari Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu kepada Kolonel Laut (P) Endra Hartono.

Turut hadir dalam acara tersebut, Para Pejabat Utama Kemhan, Mabes TNI dan Mabesal, Pangkotama TNI dan Polri wilayah Surabaya, Staf PT. PAL dan DSNS, serta beberapa undangan lainnya.

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha