Published On: Wed, Mar 22nd, 2017

KRI Teluk Amboina 503 Angkut Yonif 142/KS

KRI Teluk Amboina 503 saat berlayar ditengah samudera.

KRI Teluk Amboina 503 saat berlayar ditengah samudera.

MNOL, Jakarta – Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Amboina 503 yang mendukung operasi angkutan laut militer untuk pasukan Batalyon Infanteri 142/Ksatria Jaya Kodam II Sriwijaya melaksanakan debarkasi di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (21/3).

Komandan KRI Teluk Amboina 503 Letkol Laut (P) Martinus Hary Wibowo mengatakan, kapal dan seluruh anak buah kapal selalu siap mendukung operasi angkutan laut militer. Kali ini melaksanakan dukungan pergeseran 650 prajurit dari pasukan Batalyon Infanteri 142/KS untuk Latihan Raider di Pusdikpassus, Batujajar, Bandung telah berlangsung dengan lancar tanpa terdapat suatu halangan dan kini kapal sedang melaksanakan debarkasi personil serta material.

Sementara itu Asisten Operasi (Asops) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) P. Rahmad Wahyudi, S.E., menjelaskan operasi pergeseran pasukan dan material merupakan salah satu tugas dan fungsi Kolinlamil sebagai pembina kemampuan sistem angkutan laut militer dengan menyelenggarakan Serpas TNI meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis.

KRI Teluk Amboina 503  yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Martinus Hary Wibowo ini   adalah  kapal jenis Landing Ship Tank   buatan Jepang pada tahun 1960  yang berada  di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. Kapal  ini memiliki spesifikasi berat 4198 ton dan mampu mengangkut 17 tank dengan beberapa jenis  kendaraan , dan dilengkapi dengan fasilitas yang mampu mengangkut sampai  800 pasukan, memiliki kemampuan kecepatan berlayar  8 knot atau 8 mil laut  (NM)  per jam dan saat ini berada di jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. (Anugrah/MNOL)

About the Author

- Redaktur

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com