Published On: Thu, Jun 28th, 2018

KSOP Pontianak Peringati Hari Berkabung Daerah Kalbar 2018

Apel memperingati Hari Berkabung Daerah Kalbar

MN, Pontianak – Dalam rangka memperingati Hari Berkabung Daerah Kalimantan Barat setiap tanggal 28 Juni, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak menggelar apel mengenang jasa para pahlawan peristiwa pembantaian satu generasi anak bangsa di daerah Mandor Kabupaten Landak pada masa penjajahan tentara Jepang.

Selaku UPT Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan berkesempatan ikut memperingati Hari Berkabung Daerah Kalimantan Barat 2018 dengan tema Kita Galang Persatuan dan Kesatuan Dalam Wadah NKRI. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala KSOP Pontianak, Capt Bintang Novi di halaman Kantor KSOP Pontianak, Kamis (28/6).

Menurut Novi, kebebasan dan kemerdekaan berpendapat, berekspresi maupun dengan modernisasi yang kita nikmati adalah hasil perjuangan rakyat Indonesia, Para Pahlawan berjuang melawan penjajah dengan semangat rela berkorban yang tinggi, mereka mempertaruhkan jiwa dan raga serta harta demi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Para Abdi Negara harus ikut semangat perjuangan para pahlawan, kita harus meningkatkan etos kerja di tugas dan fungsi kita masing-masing. Lihatlah semangat perjuangan mereka, kita dapat merubah etos kerja kita semua dengan semangat jiwa melayani,” ujarnya.

Hari berkabung Daerah diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan Kalimantan Barat yang dikaitkan dengan peristiwa pembantaian satu generasi anak bangsa di daerah Mandor Kabupaten Landak pada masa penjajahan tentara Jepang era tahun 1942 – 1945. Tentara Jepang melakukan pembunuhan terhadap Pemimpin Politik, Pemuka Masyarakat dan Para Cendikiawan juga tidak luput dari pembantaian adalah Raja-raja Kesultanan di Kalimantan Barat.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com