Published On: Wed, Sep 20th, 2017

KSOP Sorong dan Banten mulai Terapkan Inaportnet

Penandatanganan pakta integritas penerapan sistem Inaportnet di KSOP Sorong dan Banten

MN, Jakarta – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sorong dan KSOP Banten mulai menerapkan Inaportnet yang bertujuan meningkatkan pelayanan kapal dan barang di pelabuhan agar berjalan cepat, valid, transparan, dan terstandar serta biaya minimal.

“Sistem inaportnet di pelabuhan dapat meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia,” jelas Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut Bay M Hasani, saat menyaksikan penandatanganan pakta integritas penerapan inaportnet di Pelabuhan Sorong dan Banten, Rabu (20/9).

Penandatangan Pakta Integritas dilakukan oleh Kepala KSOP Sorong, Johnny Silalahi dan Kepala KSOP Banten, Abdul Aziz sebagai bentuk kesungguhan dan komitmen Kementerian Perhubungan dalam mewujudkan penerapan Inaportnet

Inaportnet didukung Sistem Internal Kemenhub yang meliputi Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA), Sistem Kapal Online, Aplikasi Sertifikasi Pelaut, Sistem Informasi Kepelabuhanan. Selain itu penerapannya harus pula didukung sistem Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Penerapan Inaportnet merupakan Quick Win Menteri Perhubungan yang harus dilaksanakan di 16 pelabuhan di Indonesia. Pada tahap awal Inaportnet telah diterapkan di empat Pelabuhan Utama pada tahun 2016 dan tahun 2017 bakal diterapkan di 12 pelabuhan lainnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Jurnalis Maritimnews.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com