Published On: Sun, Mar 4th, 2018

Kunjungan Menhub dalam rangka Pelayanan 24/7 dan Inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok

Kunjungan kerja Menhub Budi di JICT pelabuhan Tanjung Priok

MN, Jakarta – Penerapan layanan 24 jam sehari 7 hari seminggu (24/7) di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta diharapkan memberikan pelayanan cepat, pelayanan murah, pelayanan mudah, dan pelayanan transparan bagi seluruh stakeholders. Untuk itu membutuhkan dukungan semua pihak agar penerapan sistim online menyeluruh dapat tewujud.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Arif Toha saat menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rangka pelayanan 24/7 di JICT pada hari Minggu tanggal 4 Maret 2018 menjelaskan, bahwa keuntungan dari penerapan layanan 24/7 adalah efisiensi bagi seluruh stakeholders kepelabuhanan.

Menurut Arif Toha, pelayanan 24/7 antara lain pembayaran PNBP Labuh yang terintegrasi Inaportnet dan Simponi, pelayanan DO online yang hanya 10 menit, pelayanan Inaportnet murah, CFS Center mengenakan tarif standar, kemudahan tracking dan tracing posisi kapal dan barang di Inaportnet V.2, serta informasi waktu inap petikemas secara realtime.

Sedangkan efisiensi dimaksud dari pelayanan 24/7 adalah efisiensi pelayanan kapal, efisiensi pelayanan PNBP, efisiensi pelayanan DO yang butuh waktu 1-3 Hari, efisiensi biaya pengurusan DO Rp 200.000, efisiensi biaya operasional pengurusan pelayanan kapal Rp 100.000, dan efisiensi biaya pengurusan CFS Center.

“Pengguna jasa tanpa harus datang ke OP dan Syahbandar, paperless dan tersistem, mudah mendapatkan informasi terkini, transparansi posisi kapal dan barang, juga transparansi kinerja pelayanan maupun waktu inap kontainer. Implementasi pelayanan 24/7 bersama Inaportnet akan memperlancar arus barang sekaligus menekan biaya logistik di pelabuhan Tanjung Priok,” pungkasnya.

(Bayu/MN)

About the Author

- Jurnalis Maritimnews.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com