Published On: Sat, Aug 12th, 2017

Lagi, Patroli Bea dan Cukai mendapat Perlawanan Massa Penyelundup

Kapal penyelundup dan massa. (Foto:gonews)

MN, Medan – Berawal dari informasi bakal masuknya kapal-kapal membawa barang illegal dari Malaysia tujuan Tanjung Balai Asahan, Tim BC 15031 (Satgas Patla Teluk Nibung) melakukan patroli. Tim melihat iringan/konvoi kapal yang mencurigakan tanpa lampu dari arah timur/Tanjung Api menuju Lampu Putih Terluar Kuala Bagan Asahan.

Menurut Kabid P2 Kanwil DJBC Sumatera Utara, Rizal, tim Patla BC15031 melakukan pengejaran terhadap konvoi tersebut. Tim berkoordinasi dengan BC 9004 (Satgas Patroli Laut BKO Kanwil Sumut) yang berada disekitar pulau Salah Nama namun sedang menangkap kapal diduga bermuatan balepress.

Akhirnya tim BC15031 memutuskan melakukan penindakan sendiri, tetapi tidak berhasil karena posisi konvoi iringan sangat rapat. Konvoi berjumlah 7 kapal bermuatan diduga balepress yang diatasnya banyak massa sambil menyalakan obor dan dikawal oleh 5 kapal pengawal berukuran besar dan sedang.

“Petugas mencoba mendekat dan memberikan aba-aba agar berhenti dan memberikan 2 kali tembakan peringatan ke udara, namun tim Patla justru disambut dengan mercon kembang api dan obor api,” terang Rizal, Jumat (11/8).

Kondisi itu memaksa tim BC 15031 untuk mundur, jelas untuk menempel ke kapal balepress dan melakukan penindakan ke kapal balepress sangat tidak memungkinkan karena jarak antar kapal sangat dekat dan beresiko bagi Tim Patroli bermanuver.

“Kopat dan nakhoda memutuskan menghentikan kegiatan penindakan dan standby posisi di lampu mercusuar depan Kuala Bagan,” pungkasnya.

Sementara itu BC 20008 (Satgas Patroli Laut TBK) berhasil mekakukan penindakan dan menegah kapal penyelundup bernama KM Surya Kencana muatan Ballpress serta 4 orang ABK di sekitar Pulau Pandang.

Sedangkan tim Patla BC 9004 (Satgas Patroli Laut BKO Kanwil Sumut) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup bernama KM Tirta Kencana GT 52 bermuatan kurang lebih 800 balepress pakaian bekas dan 8 orang ABK di atas kapal.

Selanjutnya BC 20008 dan BC 9004 membawa kapal beserta muatan selundupan dan ABK menuju Pangkalan Kanwil DJBC Sumut di Belawan.

(Bayu/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>