Published On: Wed, Dec 7th, 2016

Laksda TNI Surya Wiranto: Perlu Sinergi dalam Pengelolaan Keamanan Laut

Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Laksda TNI Dr Surya Wiranto, S.H, MH dalam Seminar Nasional Bakamla di Hotel Aston Bandung, (6/12). (Foto: Dok Pribadi)

Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Laksda TNI Dr Surya Wiranto, S.H, MH dalam Seminar Nasional Bakamla di Hotel Aston Bandung, (6/12). (Foto: Dok Pribadi)

MNOL, Bandung – Menjelang HUT Bakamla ke-2 pada 15 Desember 2016 mendatang, instansi yang bermotto Raksamahiva Camudresu Nusantarasya, Kami Penjaga Lautan Nusantara ini menggelar Seminar Nasional bertajuk “Mewujudkan Pengelolaan Keamanan Laut yang Ideal Melalui Sinergitas” di Hotel Aston Bandung, (6/12).

Pembicara dalam seminar itu menghadirkan Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Laksda TNI Dr Surya Wiranto, S.H, MH yang membahas soal sinergisitas yang ideal untuk keamanan laut Indonesia.

“Pengelolaan keamanan di laut Indonesia saat ini masih belum dilakukan secara tersinergi. Masing-masing instansi yang memiliki kewenangan penegakan hukum di laut dan masih dapat menetapkan kebijakan, strategi, penggelaran operasi keamanan laut, dan pembangunan kekuatan berdasarkan kewenangannya,” ujar Surya dalam seminar tersebut.

Lebih lanjut, lulusan AAL tahun 1982 ini menekankan agar kondisi ini segera diakhiri karena menghambat pembangunan maritim Indonesia. Dengan kata lain, jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan semakin mempertinggi ego sektoral antar instansi.

“Ya tentu kondisi ini menyebabkan inefektifitas dan inefisiensi dalam rangka pengelolaan keamanan di laut, padahal obyek yang perlu diamankan pada dasarnya sama, yaitu perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia,” ulasnya.

Ia berharap melalui seminar nasional ini menumbuhkan adanya kesepahaman oleh seluruh stakeholder pengelola keamanan laut untuk mensinergikan seluruh unsur-unsur keamanan laut dibawah jajarannya.

“Ini harus diperkuat oleh suatu sistem yang dapat mengakomodir proses penegakan hukum yang bersifat holistik, komprehensif, integratif dan terpadu,” pungkasnya.

Selain Surya, pembicara dalam seminar itu ialah Akademisi Universitas Indonesia Prof. Melda Kamil, SH, LL.M., Ph.D yang membahas pengelolaan keamanan laut di negara Lain dan Konsepsi keamanan laut di Indonesia dan Laksma TNI Yuli Dharmawanto dari Bakamla yang membahas sinergitas penegakan hukum untuk mewujudkan pengelolaan keamanan laut yang ideal.

Dalam mencapai poros maritim dunia, peran Bakamla memang sangat sentral, terutama sebagai leading sector keamanan laut Indonesia. Sementara di usianya yang akan menginjak dua tahun ini, Bakamla masih banyak dihadapkan dengan persoalan-persoalan yang disebabkan oleh ego sektoral antar instansi. (Tan/MN)

 

 

 

 

 

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Tulis Tanggapan Anda

Komentar menjadi tanggung jawab pembaca. Redaksi Maritimnews berhak melakukan moderasi terhadap komentar yang diberikan sesuai dengan etika jurnalistik.

XHTML:You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha