Published On: Sat, Aug 4th, 2018

Lanal Sabang Gelar Patroli Bersama Unsur-unsur Kemaritiman Aceh

Patroli Bersama Lanal Sabang.

Patroli Bersama Lanal Sabang.

MN, Banda Aceh – Dalam rangka menertibkan aktivitas pelayaran di wilayah laut sekitar Provinsi DI Aceh, Lanal Sabang bekerja sama dengan Unsur Maritim Kota Banda Aceh dan Polairud Polda Aceh melakukan patroli yang dipusatkan di Posal Lampulo Banda Aceh, Sabtu (28/07).

Mewakili Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E., Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Lampulo Pelda Nav Edi Siswanot mengatakan bahwa pelaksanaan patroli yang diberi nama Giat Patroli Terpadu di wilayah Perairan Selat Benggala, Perairan Pulau Aceh, dan Perairan Sabang ini digelar untuk menertibkan keamanan bagi pelaut.

“Kegiatan tersebut diprakarsai Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Provinsi Aceh, hal itu dilakukan untuk mengsosialisasi dan juga penertiban dokumen kapal, daftar kru, alat keselamatan awak kapal, sosialisasi larangan penggunaan bom ikan dengan potasium, serta ilegal fishing,” ujarnya

Lebih lanjut, ia juga mengemukakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu sarana pengawasan kelestarian sumber daya laut di perairan tersebut. “Selain itu, juga sebagai pengawasan sumber daya perikanan khususnya ekosistem terumbu karang,” lanjutnya.

“Kegiatan ini melibatkan unsur patroli terpadu diantaranya DKP Provinsi Aceh/PPNS, PSDKP Lampulo, Posal Lampulo, dan Polairud Aceh. Pelaksanaan Patroli Terpadu yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Aceh Cut Yusminar, A.Pi., M.Si ini rutin dilakukan sebagai wujud sinergi antar instansi di bidang kemaritiman demi menjamin keamanan para nelayan mencari ikan dan menjaga ekosistem laut tetap terpelihara,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Aceh Cut Yusminar API, MSi. menjelaskan bahwa kegiatan patroli laut perlu terus dilakukan untuk memberi keamanan sekaligus ketertiban bagi pelaut. Dengan dilakukan kegiatan patroli secara terpadu, masyarakat nelayan akan terjaga keselamatan, ketertiban dalam administrasi dokumen, serta izin berlayar sesuai Undang-undang yang berlaku.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak TNI AL dalam hal ini Lanal Sabang, yang telah melakukan berbagai upaya dalam rangka menjaga keamanan di laut,” ucapnya.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com