Published On: Sun, May 20th, 2018

Masuki Tahap Akhir, Dirpotmar Pushidrosal Inspeksi Survei Perairan Selaru

Tim Pushidrosal saat melakukan inspeksi di perairan Selaru, Maluku Tenggara Barat.

Tim Pushidrosal saat melakukan inspeksi di perairan Selaru, Maluku Tenggara Barat.

MN, Selaru – Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) melaksanakan tahap akhir Survei Hidro – Oseanografi dalam rangka mendukung pengembangan pangkalan (Pembangunan Beaching Plate) serta pembaharuan Data Peta Laut Indonesia dan Publikasi Nautika Perairan Selaru Provinsi Maluku Tenggara Barat.

Berkaitan dengan pelaksanaan survei yang telah memasuki tahap akhir maka dilaksanakan inspeksi lapangan yang dipimpin oleh Dirpotmar Pushidrosal Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P, M.Si (Han) dengan didampingi Sahli Ops Pushidrosal Letkol Laut (P) Marwidji Harahap.

Pada kesempatan tersebut, tim inspeksi melaksanakan pengecekan langsung ke lapangan dengan menggunakan Sounding Boat di area survei. Tim inspeksi meninjau langsung kondisi area survei di Perairan Selaru Maluku Tenggara Barat.

Tim inspeksi juga melihat langsung kondisi personel survei di sounding boat yang sedang melaksanakan pemeruman dengan SBES (Singlebeam Echosounder).

Kunjungan Tim Inspeksi kali ini selain untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan juga sebagai salah satu bentuk perhatian Pushidrosal atas kinerja seluruh tim survei dalam rangka peningkatan faslabuh dalam hal ini pembangunan beach plate TNI AL sekaligus pembaharuan PLI di Perairan Pulau Selaru dan Yamdena Maluku Tenggara Barat.

Tim inspeksi menerima paparan dari Komandan Tim Survei Selaru Mayor Laut (P) Agus Hendra Gunawan, ST. M.Tr.Hanla. meliputi teknis dan metode survei yang telah dilaksanakan juga diperlihatkan hasil survei berupa lembar lukis lapangan (LLL) yang menggambarkan detail angka kedalaman laut dan kontur , gambar detail darat, bahaya navigasi dan kedangkalan yang ditemukan,  disampaikan pula data pengamatan oseanografi dan  informasi geografi maritim pada area survei.

Adapun data yang telah didapatkan oleh tim survei  akan segera divalidasi dan diolah kembali di Pushidrosal, dan akan disajikan dalam bentuk pembaharuan PLI nomor 382 dan 383 yang digunakan oleh pengguna laut baik sipil maupun militer.

Pushidrosal berperan penting dalam melaksanakan operasi survei Hidro-oseanografi yang meliputi akusisi, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data Hidro-oseanografi di perairan Selaru, karena tanpa adanya data hidro-oseanografi dengan ketelitian standar IHO orde khusus  yang dihasilkan oleh tim survei Pushidrosal dapat mengakibatkan bahaya pelayaran di Perairan Selaru, Maluku Tenggara.

Survei dan Pemetaan yang dilaksanakan oleh Pushidrosal memiliki nilai yang strategis karena Perairan Pulau Selaru merupakan salah satu pulau terluar  yang berbatasan langsung dengan  Australia.

About the Author

- Redaktur

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Silahkan isi kode captcha

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com